Rabu, 15 Mei 2024

Home » » Lima Favorit Tempat Tinggal Jin

Lima Favorit Tempat Tinggal Jin

Tauhid 

 
Mengutip dari buku Mengintip Alam Gaib susunan Aep Saepulloh Darusmanwiati MA bahwa jin sangat takut kepada manusia. Namun, ketakutan manusia akan jin dan setan justru membuat keadaan berbalik, Jin dan setan jadi berani.

Mafaza Online | Inilah Lima tempat favorit kelompok jin bernaung :


1. Tempat Tak Berpenghuni


Dalam sebuah riwayat, dikatakan jin tinggal di tempat-tempat yang tidak berpenghuni.  


Ibnu Mas'ud bercerita,


"Suatu hari kami (para sahabat) sedang bersama Rasulullah. Sampai kemudian beliau terpisah dengan kami Kami mencari beliau di lembah-lembah dan kampung-kampung (tetapi kami tidak menjumpainya). 


Di antara kami ada yang mengatakan jika Rasulullah diculik dan disandera. Malam itu, tidur kami betul-betul tidak menyenangkan. 


Video Lima Favorit Tempat Tinggal Jin


Sampai pada pagi hari kami melihat Rasulullah datang dari arah sebuah gua yang berada di tengah padang pasir. Kami katakan kepada beliau tentang kehilangan kami, usaha kami mencari beliau tapi tak menemukan. Rasulullah kemudian berkata,


'Semalam aku didatangi utusan dari kelompok jin. Ia membawaku menemui kaumnya untuk mengajarkan Al-Quran,'"


Ibnu Mas'ud melanjutkan ceritanya, "Rasulullah lalu mengajak kami melihat bekas-bekas tempat perapian kelompok jin itu. Para jin itu bertanya kepada Rasulullah mengenai makanan mereka. Rasulullah menjawab jin-jin itu,


'Makanan kalian adalah sisa-sisa tulang yang masih ada dagingnya, yang ada di tangan kalian itu, yang sebelumnya dimakan oleh manusia dengan menyebut nama Allah. Dan juga semua kotoran binatang ternak,'


Rasulullah melanjutkan, 'Oleh karena itu, kalian para sahabat jangan beristinja (membersihkan kotoran BAB) dengan tulang dan kotoran binatang. Sebab, keduanya makanan saudara kalian (golongan jin)," (HR Muslim dari Ibnu Mas'ud).


Dalam hadits tersebut, dikatakan juga bahwa Rasulullah dibawa utusan jin ke sebuah padang pasir, tepat golongan jin tinggal. Ini menunjukkan bahwa jin bernaung di padang pasir yang merupakan tempat-tempat kosong dan sepi.


Silakan Klik:

۞Gerakan Wakaf al Quran۞

Hanya dengan Rp 50.000 Anda sudah ikut berdakwah

Baca Juga 

---------------------------------------------------------------------------------------------

Istimewanya Sujud, Menjadi Tetes Hidayah Pemuda Jerman


GUS BAHA Dosamu Bisa Terlihat Dari Wajahmu


Menyucikan Jiwa, Langkah Awal Mengurai Krisis


Seni Menegur Kesalahan Pasangan tanpa Membuatnya Marah


2. Rumah


Jin muslim biasanya tinggal di rumah orang-orang beriman. Dalam Fath al-Bari, Ibnu Hajar mengutip riwayat Ibnu Abu Dunya, yaitu


"Tidak ada satu pun rumah orang muslim kecuali di atap rumahnya terdapat jin muslim. Apabila mereka menghidangkan makanan pagi, jin itu pun ikut makan bersama mereka. Apabila makan sore dihidangkan, jin itu juga ikut makan bersama mereka. Tapi, Allah menjaga orang-orang muslim itu dari gangguan jin tersebut,"


3. Lubang


Tempat tinggal jin selanjutnya yaitu di lubang-lubang. Ini sesuai dengan sebuah riwayat yang berbunyi,


"Jangan sampai ada yang kencing di lubang," Orang-orang bertanya kepada Qatadah, "Mengapa tidak boleh kencing di lubang?" Qatadah menjawab, "Rasulullah pernah mengatakan, sebab lubang adalah tempat tinggal golongan jin," (HR Abu Dawud, Nasa'i, dan Ahmad dari Abdullah ibn Sarjas).


4. Pasar


Pasar-pasar juga menjadi salah satu tempat tinggal jin. Dalam hadits yang diriwayatkan Muslim, Nabi SAW bersabda,


"Kalau bisa, kalian jangan menjadi orang yang pertama kali masuk ke pasar atau menjadi orang yang paling akhir keluar darinya. Sebab, pasar merupakan tempat berseteru para setan. Di pasar, setan menancapkan benderanya," (HR Muslim).


5. Tempat-tempat Kotor


Jin tinggal di tempat-tempat kotor seperti tempat sampah, toilet dan lain sebagainya. Jin yang tinggal di tempat ini merupakan jin kafir, karenanya Rasulullah mengajarkan doa masuk toilet.


"Toilet-toilet adalah hunian jin. Oleh karena itu, jika di antara kalian ada yang ingin masuk, bacalah doa: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari gangguan jin laki-laki dan jin perempuan," (HR Abu Dawud, Nasa'i, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Zaid ibn Arqam).


Baca juga :

SUJUD Pengertian dan Manfaatnya

Video


Silakan klik:



#ruqyah #thibbunnabawi

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Lima Favorit Tempat Tinggal Jin . All Rights Reserved