Kamis, 07 Maret 2024

Home » » GUS BAHA Dosamu Bisa Terlihat Dari Wajahmu

GUS BAHA Dosamu Bisa Terlihat Dari Wajahmu

GUS BAHA Dosamu Bisa Terlihat Dari Wajahmu
Ilmu terawang nya wali itu nyata

Mafaza Online | Pendakwah kondang, KH Bahaudin Nursalim alias Gus Baha menjelaskan makna bekas sujud (min atsaris-sujud) dalam Surat Al-Fath ayat 29. 


مُّحَمَّدٌ رَّسُولُ ٱللَّهِ ۚ وَٱلَّذِينَ مَعَهُۥٓ أَشِدَّآءُ عَلَى ٱلْكُفَّارِ رُحَمَآءُ بَيْنَهُمْ ۖ تَرَىٰهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِّنَ ٱللَّهِ وَرِضْوَٰنًا ۖ سِيمَاهُمْ فِى وُجُوهِهِم مِّنْ أَثَرِ ٱلسُّجُودِ ۚ ذَٰلِكَ مَثَلُهُمْ فِى ٱلتَّوْرَىٰةِ ۚ وَمَثَلُهُمْ فِى ٱلْإِنجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْـَٔهُۥ فَـَٔازَرَهُۥ فَٱسْتَغْلَظَ فَٱسْتَوَىٰ عَلَىٰ سُوقِهِۦ يُعْجِبُ ٱلزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ بِهِمُ ٱلْكُفَّارَ ۗ وَعَدَ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ مِنْهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًۢا


29. Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.

Silakan Klik:

۞Gerakan Wakaf al Quran۞

Hanya dengan Rp 50.000 Anda sudah ikut berdakwah

Baca Juga 

---------------------------------------------------------------------------------------------

VIRAL Video Aa Gym Komplain Keberadaan Minimarket Circle K Dekat Ponpes Daarut Tauhid


Menyucikan Jiwa, Langkah Awal Mengurai Krisis


Seni Menegur Kesalahan Pasangan tanpa Membuatnya Marah


Cara Jitu Rasulullah Menghadapi Bullying


Salty Apaan sih Artinya, Bahasa Gaul Generasi Z di X


Menurut Gus Baha, kandungan makna pada lafadz 'atsar' dalam ayat tersebut tidak harus berupa fisik. 


"Kelak (di akhirat) malaikat melihat baik tidaknya orang itu dengan melihat ada bekas sujudnya atau tidak," jelas Gus Baha di dalam tayangan Bekas Sujud Kebal Neraka yang tayang pada Senin (30/5/2022). 


Gus Baha menambahkan, di hadits shahih Bukhari Muslim menceritakan bahwa orang mukmin yang masuk neraka itu semuanya akan dibakar, kecuali atsar sujud. "Dan neraka tidak berani membakar bekas sujud," ungkap Gus Baha menerjemahkan hadits.


Dalam menafsirkan atsaris sujud, kata Gus Baha, ada ulama yang memaknainya dengan jidad hitam, sebagian ulama lagi menafsirkan bahwa di akhirat kelak akan ada nur (cahaya) yang menjadi sebuah tanda bahwa seseorang pernah bersujud. 


Sebagian ulama lagi menafsirkan dengan makna efek dari sujud yaitu tidak lagi bermaksiat. "Atsari sujud, bekas sujud, efek sujud, atau akibat sujud. Tentu sujud ini di shalat ya, jangan kamu hanya sujud tanpa shalat," imbuhnya.


Dalam ilmu lughat, sambung Gus Baha, makna atsar bisa bermakna akibat. Ia mencontohkan sebuah kalimat "Fauzi sudah tidak minta-minta uang lagi karena sudah dikasih bapaknya satu miliar rupiah." 


"Makna atsar (pada kalimat) itu akibat apa bentuk fisik? Sama sekarang, Zaid sekarang tidak maksiat akibat shalatnya diterima. Akibat shalatnya diterima, dia tercegah dari perbuatan keji dan munkar," ujarnya. 


Menurut Gus Baha, bukti sujudnya umat Islam diterima adalah tidak suka melakukan maksiat. "Tapi misalnya berarti tidak usah jidat hitam? Ya itu juga bukti sujud tapi fisik, tapi apa (jidad hitam) masuk ayat itu? Wallahu a'lam," ucapnya. | NU Online


Sebelumnya :

Travel Vlogger Spanyol Diperkosa Tujuh Pria di India, Tiga Orang Ditangkap


Mafaza TV

Silakan klik:

Toko Online BERIKHTIAR
Lagi ada Discount Harga & Ongkir di toko kami


#gusbaha #mukasyafah #sujud




Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: GUS BAHA Dosamu Bisa Terlihat Dari Wajahmu . All Rights Reserved