Minggu, 17 Maret 2024

Home » » SUJUD Pengertian dan Manfaatnya

SUJUD Pengertian dan Manfaatnya

SUJUD Pengertian dan Manfaatnya
Sujud adalah bukti penghambaan , ketundukkan sekaligus aqidah 

Mafaza Online | Menurut Imam Thobari, sujud adalah menunduk, menyondongkan kepada siapa yang dituju, maka setiap menunduk kepada sesuatu berarti mengagungkannya atau disebut dengan sujud.  


Sebagaimana dalam surah al-Baqoroh: 58 disebutkan :


فال تعالى : ”…وادخلوا الباب سجّدا…“


“Dan masukilah pintu gerbangnya sambil bersujud (menundukkan diri)”

Silakan Klik:

۞Gerakan Wakaf al Quran۞

Hanya dengan Rp 50.000 Anda sudah ikut berdakwah

Baca Juga 

---------------------------------------------------------------------------------------------

GUS BAHA Dosamu Bisa Terlihat Dari Wajahmu


Menyucikan Jiwa, Langkah Awal Mengurai Krisis


Seni Menegur Kesalahan Pasangan tanpa Membuatnya Marah


Cara Jitu Rasulullah Menghadapi Bullying


Salty Apaan sih Artinya, Bahasa Gaul Generasi Z di X


1. Sujud adalah Asal ibadah


Ingatlah kisah Hud hud, intel Nabi Sulaiman. Ketika burung hud-hud  dimarahi oleh Raja Sulaiman dia berhujjah bahwa dia telah melihat kaum yang bersujud kepada selain Allah. Karena sesungguhnya bersujud adalah ketundukan, kerendahan, kekhidmatan. Ini adalah kejelasan  dari makna ibadah.


2. Sujud adalah saat Paling Dekat dengan Allah SWT


Rasulullah bersabda :


أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد , فأكثروا الدعاء


“Seorang hamba paling dekat dengan rabbnya ketika ia bersujud,maka perbanyaklah berdo’a.”( HR. Muslim)


Imam Nawawi berkata : ma’na sujud berarti seorang hamba lebih dekat dari rahmat dan keutamaan rabbnya, dalam bersujud dianjurkan untuk banyak berdo’a,  ini adalah bukti bagi yang berpendapat sesungguhnya sujud lebih afdol dari semua rukun-

rukun sholat.


3. Sujud adalah Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya


Diriwayatkan oleh Bukhori dalam shohihnya dari Abu Hurairah ra berkata :


قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : والذي نفسي بيده, ليوشكن أن ينزل فيكم ابن مريم حكما عدلا, فيكسر الصليب, ويقتل الخنزير, ويضع الحرب, ويفيض المال حتى لايقبله أحد, حتى تكون السجدة الواحدة خيرا من الدنيا وما فيها.


”Sungguh tidak diragukan akan turun kepada kalian anak Maryam sebagai pendamai, pembawa keadilan, yang akan menghancurkan salib, membunuh babi, dan menghentikan peperangan dan akan berlimpah harta sampai tidak ada yang menerima lagi, sehingga bersujud sekali saja lebih baik dari dunia dan isinya. ”


Imam Ibnu Hajar berkata : mereka menawarkan hartanya dan tidak ada seorangpun yang menerima disebabkan turunnya keberkahan dan berlimpahnya kebaikan karena adanya keadilan. Disaat itu keluar kebaikan dari bumi dan sedikit keinginan terhadap dunia karena mereka mengetahui akan dekatnya dengan hari kiamat.dan saat itu sungguh bisa bersujud sekali saja lebih mereka sukai dari pada dunia dan seisinya.


Manfaat dari Sujud


1. Meninggikan Derajat, Menghapuskan Kesalahan


Diriwayatkan oleh Muslim:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : عليك بكثرة السجود لله, فإنك لاتسجد لله سجدة إلا رفعك الله بها درجة وحط عنك خطيئة


”Hendaklah kalian memperbanyak sujud kepada Allah, sesungguhnya kamu tidaklah bersujud kepada Allah kecuali Allah meninggikan derajatmu  dan menghapuskan  kesalahanmu dengan sujud itu”


2. Terdapat Tanda Pada Wajah Orang yang bersujud.


Allah SWT. berfirman :

”tanda-tanda mereka tampak tampak pada wajah mereka dari bekas sujud” (QS. Al-Fath:29).


Tanda di wajah mengandung banyak arti diantaranya: Menurut Ibnu Abbas radiallahu’anhu : jalan yang baik. 


Menurut Mujahid : khusyu’ dan tawadhu’. Menurut Assa’diy : sholat memperbagus wajahnya. 


Menurut yang lain : sesungguhnya tanda sujud adalah kebaikan cahaya di hati, cahaya diwajah, kelapangan rizki, dan dicintai oleh manusia.


Maka dari itu tanda sujud bukan berarti seperti yang sebagian orang duga yaitu tanda hitam di kening sehingga banyak orang yang berusaha membuat tanda di dahi mereka agar disebut sholeh, dan ini adalah arti yang salah sekali.


3. Menghilangkan Kegundahan


Kesulitan dakwah tidaklah seperti kesulitan yang berkenaan dengan dunia, seperti makan, pakaian, tempat tinggal dll. 


Tetapi kasulitan dakwah karena muncul dari penentangan manusia dari kebenaran, atau kesalahan yang dilakukan sebagian penyeru-penyeru sehingga mendapatkan musibah atau tidak terwujudnya tujuan da’wah seperti yang dialami Nabi Muhammad , maka bersegera ia bersandar pada sholat, Allah berfirman :


“Dan kami sungguh sungguh mengetahui, bahwa dadamu menjadi sempit  disebabkan apa yang mereka ucapkan. Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu diantara orang-orang yang bersujud.(sholat)


4. Menimbulkan Kesabaran


واذكر اسم ربك بكرة وأصيلا. ومن الليل فاسجد له وسبحه ليلا طويلا( الإنسان :25-26)


”Dan sebutlah nama tuhanmu pada waktu pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepadaNya dan bertasbihlah kepadaNya pada bagian  yang panjang di malam hari”


Dzikir dan sujud adalah  alat komunikasi terbaik dengan Dzat yang menurunkan Al-Qur’an kepada kita. Setiap kali seorang dai menambah bekalnya dengan sujud dan dzikir maka akan bertambah pula kesabarannya.


5. Menambah kekhusyukan


Cara yang paling baik untuk meningkatkan kehusyu`an adalah dengan memperbanyak sujud kepada Allah SWT. Kaarena saat itulah seorang hamba sangat dekat dengan sumber ketenangan dan kekhusyu`an yaitu Allah subhanahu wata`ala.


6. Wajahnya Bercahaya


Pada  hari kiamat Allah akan bangkitkan semua umat mulai dari awal hingga akhir, tetapi Rasulullah mengenali umatnya dari cahaya putih di wajah mereka karena bekas sujud  dan atsar dari air wudhu mereka di dunia.


7. Membuat  Setan Menangis


Rasulullah bersabda :


إذا قرأ ابن آدم السجدة فسجد اعتزل الشيطان يبكي يقول يا ويله


“Jika dibacakan oleh anak adam ayat sajadah dan dia bersujud maka syaitan akan menghindar dan menangis  sambil berkata celakalah”


8. Diselamatkan dari Api Neraka


وجوه يومئذ ناضرة   (القيامة :22 )


”Wajah-wajah (orang-orang mu’min) pada hari itu berseri-seri”


Rasulullah menceritakan kejadian di hari kiamat  ketika Allah ingin mengeluarkan hamba-Nya yang ia kehendaki dari api neraka, Allah memerintahkan malaikat untuk  mengeluarkan siapa diantara mereka yang tidak menyekutukan Allah SWT, siapa yang bertauhid dan siapa yang ada bekas sujudnya. sesungguhnya api neraka akan memakan anak adam kecuali bekas sujudnya.


9. Masuk Surga


Diriwatyatkan dari Muslim Rasulullah bersabda :


فأعني على نفسك بكثرة السجود


Maka tolonglah aku atas dirimu dengan memperbanyak sujud


Hadits ini menjelaskan bahwa rasulullah sallallahu `alaihi wasallam tidak bisa menolong kita pada hari kiamat jika kita tidak pernah sujud. Maka Ketundukan dan kepasrahan seseorang  kepada Allah subhanahu wata`ala yang tercermin dalam bentuk gerakan sujud ( sholat ) merupakan salah satu syarat utama masuknya seseorang ke dalam syurganya Allah.


Mudah-mudahan kita senantiasa mendapatkan hidayah dan taufiq dari Allah swt sehingga kita mampu untuk terus istiqomah bersujud kepada-Nya.


Sebelumnya:

Istimewanya Sujud, Menjadi Tetes Hidayah Pemuda Jerman

Video


Silakan klik:

Toko Online BERIKHTIAR
Lagi ada Discount Harga & Ongkir di toko kami



#sujud #galau #hidayah

 

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: SUJUD Pengertian dan Manfaatnya . All Rights Reserved