Sabtu, 09 Juli 2022

Home » » IDUL ADHA Selusin Variasi Menu Daging Kurban

IDUL ADHA Selusin Variasi Menu Daging Kurban

Mafaza-Online | Hari Raya Idul Kurban daging kambing cukup melimpah, gimana ya supaya gak bosan itu itu aja? Berikut menu makanan favorit khas Idul Adha yang bisa Anda coba:

12 Variasi menu daging kurban
1. Semur


Semur adalah olahan daging yang memiliki warna hitam pekat. Ini karena semur menggunakan kecap pada kuahnya. Semur menjadi menu makanan favorit khas Idul Adha yang juga banyak diminati.


Daging sapi, kambing, ayam, sampai telur bisa Anda jadikan hidangan semur. Selain kecap, ada juga berbagai bumbu rempah yang membuat rasa dan kelezatan semur semakin memanjakan lidah.


2. Rendang


Tak hanya populer di Indonesia, rendang bahkan sudah terkenal hingga mancanegara. Masakan khas dari Sumatera Barat ini memiliki cita rasa pedas, gurih, dan mengandung santan.


Rendang juga menjadi menu makanan favorit khas Idul Adha.


Anda bisa menggunakan daging sapi atau kambing untuk membuat olahan rendang. Memasak rendang juga bisa dalam berbagai pilihan, baik dalam bentuk rendang basah atau kering. Cukup sesuaikan dengan selera Anda.


3. Gule atau Gulai


Pembaca, pasti Anda sebelumnya mengira gule dan gulai adalah menu makanan yang sama. Faktanya, gule dan gulai adalah dua menu makanan favorit khas Idul Adha yang berbeda. Gule merupakan nama yang familiar di Jawa, sedangkan gulai berasal dari Sumatera.


Gulai punya unsur masakan India yang dimasak dalam kuah mengandung rempah dengan citarasa gurih. Sedangkan, kuah gule lebih cair, tidak terlalu kental, dan tidak segurih gulai. Biasanya, gule menggunakan santan encer dan kaldu daging kambing. 


Silakan, Anda bisa mengolah daging kurban menjadi gule atau gulai sesuai selera.


4. Sop Daging


Anda yang tidak suka makanan bersantan, Sop daging cocok bagi Anda. Biasanya, sop daging diolah bersama kuah kaldu sapi bening dengan tambahan irisan sayuran, seperti kentang, wortel, buncis, kubis, tomat, serta daun bawang dan seledri.


Selain itu, Anda juga bisa menambahkan tulang sumsum atau tetelan agar sop daging menjadi lebih nikmat. Jangan lupa beri taburan bawang goreng saat proses penyajian agar tampilan dan rasanya lebih gurih menggugah selera.


Baca: Tanya Jawab: Kurban Online Bolehkah?


5. Sate


Sate memang hidangan dari olahan daging yang sering dijumpai meski dihari lain selain Idul qurban. Namun, biasanya momen Idul Adha bakal menjadi waktu yang tepat untuk mengolah daging kambing kurban menjadi sate.


Kegiatan ini bisa dilakukan bersama keluarga atau teman. Mengipas, bakar-bakar sate juga bisa menjadi momen keakraban. Tentunya sayang bila dilewatkan begitu saja.


Membuat sate tak sulit karena Anda cukup membakar daging kurban yang sebelumnya sudah direndam bumbu. 



6. Rawon


Selanjutnya, ada rawon yang juga masuk dalam menu makanan favorit khas Idul Adha. Olahan daging khas Jawa Timur ini konon menjadi makanan favorit raja-raja zaman dahulu. Mirip seperti semur, rawon juga memiliki kuah berwarna hitam. Namun, warna hitam kuah rawon berasal dari buah kluwek.


Masakan satu ini juga menggunakan rempah-rempah lain, seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, lengkuas, jahe, serai, daun jeruk, serta daun salam. Tauge bisa Anda tambahkan sebagai pelengkap saat makan rawon.


7. Tengkleng


Tengkleng hampir mirip dengan gulai kambing. Akan tetapi, makanan favorit khas Idul Adha ini memiliki kuah yang lebih encer. Tengkleng terdiri dari tulang, daging, serta jeroan kambing dengan kuah santan beraroma rempah.


Bumbu tengkleng tak berbeda jauh dengan gulai. Biasanya, tengkleng disajikan bersama dengan nasi hangat dan sate. Aroma rempahnya bisa membuat nafsu makan Anda bertambah.


8. Tongseng


Untuk alternatif olahan daging berkuah, tongseng. Biasanya, menggunakan olahan daging kambing. Namun, Anda juga bisa menggunakan daging sapi untuk membuat menu makanan favorit khas Idul Adha satu ini.


Ada bumbu rempah, seperti jahe, cengkeh, kayu manis, biji pala, daun jeruk, serta batang serai yang biasa digunakan untuk mengolah tongseng. Selain itu, Anda juga bisa tambahkan beberapa sayuran, seperti kubis, kol, tomat, serta daun bawang saat menyajikannya.




9. Nasi Kebuli


Hangat terasa. Nasi kebuli menu makanan favorit olahan daging yang berasal dari Timur Tengah. Anda perlu menanak nasi bersama kaldu kambing serta susu kambing hingga setengah matang untuk membuat nasi kebuli. Carilah resep dan cara memasaknya, tentu tutorial mengenai ini sudah banyak tersedia.


Bumbu rempah yang biasa digunakan saat membuat nasi kebuli adalah bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkeh, ketumbar, jintan, pala, kapulaga, kayu manis, serta minyak samin. Taburkan kismis dalam nasi kebuli agar sensasi Timur Tengah makin terasa.


10. Kambing Oven


Masih dari Timur tengah, Kambing oven adalah masakan khas Mesir. Menu makanan favorit khas Idul Adha ini patut dicoba. Kambing oven biasanya menggunakan bagian paha kambing yang cepat empuk saat dimasak.


Membuat olahan kambing oven ini cukup mudah. Tinggal, oleskan bumbu pada permukaan kambing hingga rata. Selanjutnya, panggang pada suhu 200 derajat celcius hingga matang atau selama sekitar 45 menit. Untuk memastikan kematangannya, tusuk daging kambing dengan garpu.


Baca: EKONOMI IDRISIYYAH Semangat Mengembangkan Ekonomi Berlandaskan Tasawuf



11. Bakso


Sekarang kita ke Cina. Aslinya Bakso makanan Cina, dari Dinasti Ming. Ada bakso yang bisa Anda coba sebagai menu makanan favorit khas Idul Adha. Jika biasanya Anda membeli bakso di tempat langganan atau penjual keliling yang menggunakan gerobak, kini saatnya untuk membuat olahan bakso sendiri dengan daging kurban.


12. Kepala Kambing


Terakhir, kembali ke tanah air. Di Indonesia olahan kepala kambing dalam bentuk Gongso atau gulai menjadi favorit. Kepala kambing juga bisa di tumis atau Krengsengan, Sup Tangkar atau oseng-oseng. Olahan kepala kambing sangat populer terutama di Semarang Jawa Tengah. Mengapa tidak mencobanya?


Fakta dan Data Masjidil Haram


Silakan Klik 

Mafaza-Store

Lengkapi Kebutuhan Anda



Share this article :

+ komentar + 1 comment

Anonim
12 Juli 2022 pukul 21.14

Terima kasih, infonya bermanfaat

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di IDUL ADHA Selusin Variasi Menu Daging Kurban

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: IDUL ADHA Selusin Variasi Menu Daging Kurban . All Rights Reserved