Sabtu, 30 Juli 2022

Home » » ADAB MURID آداب المتعلم

ADAB MURID آداب المتعلم

 

ADAB MURID 

آداب المتعلم 

 

للمتعلم آداب فى نفسه وآداب مع أستاذه وآداب مع إخوانه 


Untuk murid ada beberapa adab yaitu adab pada dirinya bersama ustadz dan saudaranya. 

 

أما آدابه فى نفسه فكثيرة منها ترك العجب ، العجب هو استعظام النعمة والركون إليها مع نسيان إضافتها إلى المنعم 


Mafaza-Online | Adapun adab untuk dirinya sangat banyak, sebagian daripadanya itu adalah tidak ‘ujub (bangga pada kemampuan diri sendiri). 


Ujub adalah sombong terhadap nikmat dan lebih condong kepadanya beserta lupa menyandarkan nikmat tersebut kepada Yang Memberi Nikmat (Allah SWT). 


ومنها التواضع والصدق ليكون محبوبا موثوقا به ومنها أن يكون وقورا فى مشيته غاضا طرفه عن النظر إلى المحرمات وأن يكون أمينا على ما أوتيه من العلم فلا يجيب بغير ما يعرف 


Dan sebagian daripadanya itu adalah tawadhu’ (rendah diri), jujur agar murid dicintai dan dipercaya. 

Silakan Klik:

۞Gerakan Wakaf al Quran۞

Hanya dengan Rp 50.000 Anda sudah ikut berdakwah


Dan sebagian daripadanya itu adalah sopan saat berjalan, menundukkan pandangan dari melihat yang haram-haram, terpercaya (tidak membelot) dari ilmu yang diberikan kepadanya, maka dia tidak sembarangan menjawab apa yang tidak diketahuinya. 


وأما آدابه مع أستاذه فمنها أن يعتقد أن فضله أكبر من فضل والديه عليه لأنه يربى روحه ، ومنها الخضوع أمامه والجلوس فى درسه بالأدب وحسن الإصغاء إلى ما يقوله ، ومنها ترك المزاح وألا يمدح غيره من العلماء بحضرته مخافة أن يفهم أستاذه أنه يذمه ، ومنها ألا يصده الحياء عن السؤال عما لا يعرف 


Adapun adab bersama ustadznya, sebagian daripadanya itu adalah meyakini kelebihan ustadznya lebih besar dari kedua orang tuanya karena ustadz mendidik ruhnya. 


Dan sebagian daripadanya itu merendahkan diri dihadapan ustadznya, dan duduk disaat belajar penuh sopan santun serta mendengar baik-baik apa yang dikatakan ustadznya. 


Dan sebagian daripadanya itu meninggalkan senda gurau dan tidak memuji orang lain di hadapan ustadznya daripada ulama-ulama karena dikhawatirkan ustadznya memahami itu sebagai celaan. 


Dan sebagian daripadanya itu tidak malu bertanya hal yang tidak diketahuinya. 


وأما آدابه مع إخوانه فمنها إحترامهم وترك إحتقار واحد منهم ، وترك الإستعلاء عليهم ، ومنها ألا يسخر ببطيء الفهم منهم ، وألا يفرح إذا وبخ الأستاذ بعض القاصرين ، فإن ذلك أسباب البغض والعداوة 


Sedangkan adab bersama saudaranya, sebagian daripadanya itu adalah memuliakan mereka, tidak meremehkan salah seorang dari mereka, dan tidak sombong terhadap mereka, dan sebagian daripadanya itu tidak mengolok-ngolok kelambatan pemahaman di antara mereka dan tidak merasa senang bila ustadz menegur yang kurang perhatian, sebab itu akan menimbulkan kemarahan dan permusuhan.


Merasa dalam Genggaman Allah SWT Al-Jabbar ( الجبار )


Silakan Klik 

Mafaza-Store

Lengkapi Kebutuhan Anda


#asmaulhusna #wirid #aljabbar

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: ADAB MURID آداب المتعلم . All Rights Reserved