Jumat, 29 Juli 2022

Home » » Semua dalam Kendali Allah Al-Qahhar القهار

Semua dalam Kendali Allah Al-Qahhar القهار

Keutamaan Zikir 

 Semua dalam Kendali Allah Al-Qahhar القهار 

Mafaza-Online | Al-Qahhar maknanya bahwa Allah yang menghinakan dan menundukan seluruh musuh-musuh-Nya yaitu yang memusuhi petugas Allah dan agama-Nya. 


Makna lainnya adalah bahwa tiada yang wujud kecuali berada di bawah kendali dan kekuasaan Allah dan taqdir-Nya (QS. Al-An’am: 18).  


Ibn Katsir dan at-Thabari memaknai Al-Qahar adalah yang merendah kepada-Nya seluruh makhluk, menjadi hina para pemaksa/penguasa dihadapan-Nya, dan wajah-wajah tertunduk bersujud kepada-Nya.  


Kendali Allah subhanahu wa ta’ala kepada hamba-Nya bermacam-macam bentuknya. Hal itu karena tidak terbatasnya kekuasaan, kebijaksanaan, dan ilmu Allah. 


Bisa saja berbentuk membuat diri lemah, sakit, bahkan mati. Allah  subhanahu wa ta’ala berfirman, 


هُوَ اللَّهُ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ 


Dia-lah Allah Yang Esa lagi teramat Mengalahkan. (Qs. Az-Zumar: 4) 


قُلْ إِنَّمَا أَنَا مُنْذِرٌ ۖ وَمَا مِنْ إِلَٰهٍ إِلَّا اللَّهُ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ 


Katakanlah (ya Muhammad): “Sesungguhnya aku hanya seorang pemberi peringatan, dan sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah Yang Esa dan Yang Mengalahkan.” (Qs. Shad: 65). 


Nama Al-Qahhar terulang dalam Al-Quran sebanyak 6 kali, diantaranya surah Ar-Ra’d: 16, Al-Mumin: 16, Yusuf: 39, Shadl: 65, dan Al-An’am: 18. 


Dengan memahami dan menghayati nama Al-Qahhar, kita terdorong untuk selalu memaksa dan menguasai jiwa kita, sehingga jiwa kita tidak jahat dan melampaui batas-batas agama. 


Hal ini merupakan awal perjalanan menuju keselamatan kita dari marabahaya.


Merasa dalam Genggaman Allah SWT Al-Jabbar ( الجبار )


Silakan Klik 

Mafaza-Store

Lengkapi Kebutuhan Anda

Share this article :

Posting Komentar