Senin, 22 Januari 2024

Home » , » Cek Fakta : Poster Program Unggulan AMIN, Waspada Termakan Hoaks Waspadalah!

Cek Fakta : Poster Program Unggulan AMIN, Waspada Termakan Hoaks Waspadalah!

Cek Fakta : Poster Program Unggulan AMIN, Waspada Termakan Hoaks Waspadalah!
Beredar di media sosial dan di aplikasi percakapan WhatsApp, unggahan poster “PROGRAM UNGGULAN AMIN.” Poster tersebut menunjukkan beberapa poin program unggulan Anies Baswedan dan Cak Imin jika menang. Tak sedikit warganet yang menyebarkan poster tersebut di media sosial.

Mafaza-Online | Adanya poster ini dijadikan kesempatan oleh beberapa warganet untuk menggiring opini dengan narasi yang provokatif.

Berita Hoaks


Eko Ardoyanto


Lantas, apakah unggahan poster program unggulan tersebut benar?

Cek Fakta Poster “Program Unggulan AMIN”

Juru Bicara Timnas AMIN, Iwan Riadi Tarigan memastikan bahwa poster program unggulan yang beredar di media sosial tersebut tidak benar. “Tidak benar dan kami pastikan hoaks flyer gagasan, program kerja, dan visi misi yang beredar di group WA dan media sosial ini,” sebut Iwan.

Silakan Klik:

۞Gerakan Wakaf al Quran۞

Hanya dengan Rp 50.000 Anda sudah ikut berdakwah

Baca juga :

Mardani Ali Sera


Kemudian, Mardani Ali Sera yang merupakan anggota DPR DKI Jakarta 1 dari PKS, menyampaikan bahwa poster tersebut terbukti tidak benar adanya dan sudah diklarifikasi secara resmi oleh Tom Lembong. Tom beranggapan bahwa mungkin pada awalnya grafik ini berangkat dari niat baik tapi kebablasan. Beberapa janji yang dimuat tidaklah akurat. Seperti conntohnya janji BPJS gratis, listrik gratis bagi 1.300W, 900W, dan 450W, serta pendidikan gratis sejatinya tidak akurat.


Tom Lembong mengatakan, AMIN memang ingin meneruskan BPJS gratis untuk kalangan berpenghasilan rendah, dan memastikan BPJS terjangkau bagi semua pihak, khususnya untuk pekerja di sektor informal. Untuk listrik, AMIN ingin memastikan biaya terjangkau bagi seluruh masyarakat, sesuai penghasilan. Kemudian, untuk biaya pendidikan akan diturunkan melalui berbagai kebijakan, seperti menghapus Pajak Bumi dan Bangunan bagi sekolah dan kampus.


Lalu, untuk narasi soal pajak motor/mobil dan perpanjangan STNK dianggap sedikit keliru. Hal ini dikarenakan urusan pajak kendaraan menjadi wewenang pemerintah provinsi. Tom menyampaikan, “Tentu pemerintah pusat bisa mengintervensi Pemda, namun kebijakan seperti ini akan dirumuskan melalui konsultasi publik yang matang dengan Pemda dan semua kalangan yang terkait, termasuk pakar dan ahli atau akademisi.”


Selain itu, untuk program SIM yang berlaku seumur hidup pun masih memerlukan konsultasi publik lebih lanjut. Kendati demikian, AMIN memang memiliki komitmen besar untuk meringankan beban administrasi hidup masyarakat melalui kebijakan yang dilandasi akal sehat dan implementasi teknologi terkini. Tom turut membenarkan adanya rencana program Bansos Plus dan PKH Plus, tanah negara untuk bangun sekolah swasta, pupuk murah bagi petani, harga sembako murah dan terjangkau bagi seluruh masyarakat. Terakhir, AMIN juga bertekad ingin menciptakan lapangan kerja supaya pekerja dapat dengan mudah mencari pekerjaan.


Terkait gagasan, program kerja, dan visi misi dari AMIN bisa dilihat selengkapnya melalui situs resmi https://aminajadulu.com.


Sumber:

Kamil, I. & Asril, S. (2023). Timnas Amin Pastikan Program Unggulan Terkait Pajak Kendaraan, BPJS dan Listrik Gratis Hoaks. Diakses pada 15 Januari 2024 dari https://nasional.kompas.com/read/2023/12/28/12462681/timnas-amin-pastikan-program-unggulan-terkait-pajak-kendaraan-bpjs-dan

Tim Cek Fakta Liputan 6. (2024). Cek Fakta: Klarifikasi Poster Program Pasangan Amin Jika Terpilih. Diakses pada 15 Januari 2024 dari https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5497739/cek-fakta-klarifikasi-poster-program-pasangan-amin-jika-terpilih

Tim Cek Fakta Kompas.com. (2024). [KLARIFIKASI] Jubir Timnasa Amin Sebut Unggulan Adalah Hoaks. Diakses pada 15 Januari 2024 dari https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5497739/cek-fakta-klarifikasi-poster-program-pasangan-amin-jika-terpilih


Sebelumnya :

Eep Saefulloh Fatah : Kejutan Kejutan di Pemilu 2024



Silakan klik:
                                                         Lengkapi Kebutuhan Anda


#pilpres2024 #aniesbaswedan #AMINAjaDulu



Share this article :

Posting Komentar