Kamis, 16 November 2023

Home » » KESEMPATAN EMAS Pertolongan Pertama Stroke 

KESEMPATAN EMAS Pertolongan Pertama Stroke 

 

Dari Problem jadi Profit

Pasien yang diduga menunjukkan gejala stroke harus segera dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) di Rumah Sakit terdekat dalam masa Golden Hour untuk mencegah risiko lebih lanjut, termasuk diantaranya kecacatan permanen bahkan kematian


Mafaza-Online | Dalam menyelamatkan seseorang yang mengalami serangan stroke, waktu menjadi sangat berharga. 


Penderita perlu secepatnya mendapatkan penanganan medis, yaitu dalam rentang waktu sebelum 4.5 jam sejak serangan terjadi. 


Sebelumnya :

Stroke Selain Menyebabkan Cacat Permanen juga Memicu Masalah Finansial, Yuk Kenali


Pasien yang diduga menunjukkan gejala stroke harus segera dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) di Rumah Sakit terdekat dalam masa Golden Hour untuk mencegah risiko lebih lanjut, termasuk diantaranya kecacatan permanen bahkan kematian.  


Selanjutnya, sesampainya di rumah sakit, pasien stroke perlu mendapatkan layanan CT scan untuk mengetahui jenis stroke yang dialaminya. 


Bahkan, jika ingin hasilnya maksimal, rumah sakit harus mengikuti standar penanganan internasional, yaitu kurang dari 30 menit untuk segera memberikan penanganan apabila pasien menunjukkan gejala-gejala stroke.


Faktor Risiko dan Pencegahan Stroke 


Faktor risiko adalah istilah untuk hal-hal yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami penyakit tertentu. 


Pusat data dan informasi (pusdatin) Kemenkes menerangkan bahwa faktor risiko stroke antara lain: tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, diabetes melitus, dan obesitas. 


Selain itu, dikutip dari situs Mayo Clinic, orang dengan kolesterol tinggi, punya kebiasaan merokok, dan pernah mengalami stroke sebelumnya mempunyai risiko yang lebih besar untuk mengalami serangan stroke. 


Selain itu, stroke tidak memandang usia dan risikonya meningkat seiring bertambahnya usia. Namun, tetap perlu diingat bahwa stroke dapat dicegah.


Pola hidup sehat menjadi hal utama dalam pencegahan diri dari stroke, terutama untuk yang pernah mengalami sebelumnya. Oleh karena itu, Kemenkes selalu menganjurkan masyarakat untuk mengaplikasikan PATUH dalam keseharian, yaitu: 


  • Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter. 
  • Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur. 
  • Tetap diet dehat dengan gizi seimbang. 
  • Upayakan beraktivitas fisik dengan aman. 
  • Hindari rokok, alkohol, dan zat karsinogenik lainnya. 


Dengan melakukan pola hidup sehat sesuai anjuran, kita dapat mengurangi kemungkinan mengalami serangan stroke. 


Jika kamu mempunyai faktor risiko seperti yang disebutkan, lakukanlah pola makan sehat dan olahraga teratur. Selain itu, cek tekanan darah dan tingkat kolesterol dalam tubuh. 


Kurangi atau bahkan jauhi rokok dan minuman keras agar dapat mencegah terjadinya stroke. Janganlah abai dengan kesehatan kita dan orang-orang yang kita sayangi. 


Kita sudah mengetahui pula apa saja gejala awal dari stroke. Semoga kita dapat mengingatnya sehingga mampu menyelamatkan nyawa seseorang yang membutuhkan pertolongan pertama stroke. 


Ingat terus singkatan FAST atau akronim SeGeRa Ke RS kapan pun dan di mana pun.  | ROOJAI


Sebelumnya :

Tanda - Tanda Awal Stroke

Mafaza TV


Silakan klik:



Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: KESEMPATAN EMAS Pertolongan Pertama Stroke  . All Rights Reserved