Kamis, 13 Oktober 2022

Home » » Diri Kita di Mata Allah SWT, di Mata Kita Sendiri, dan di Mata Orang Lain

Diri Kita di Mata Allah SWT, di Mata Kita Sendiri, dan di Mata Orang Lain

Suasana Masjid Al Fattah Tasikmalaya


عَنْ عَلِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ كُنْ عِنْدَ اللهِ خَيْرَ النَّاسِ وَكُنْ عِنْدَ النَّفْسِ شَرَّ النَّاسِ وَكُنْ عِنْدَ النَّاسِ رَجُلًا مِنَ النَّاسِ


Dari Ali Ra, "Jadilah kamu di sisi Allah sebagai orang yang paling baik, jadilah kamu di sisi dirimu sebagai orang yang paling jelek, dan jadilah kamu di sisi manusia hanya segelintir manusia saja."


Mafaza-Online | Sayyid Asy-Syekh Abdul Qadir Al-Jailani -qaddasa sirrahu- berkata, 


"Apabila bertemu dengan seseorang, anggaplah bahwa dia mempunyai kelebihan dengan anggapan dia lebih baik di sisi Allah dan lebih tinggi derajatnya daripada saya. 


Jika orang itu masih kecil, anggaplah bahwa dia tidak berbuat maksiat kepada Allah, sedangkan saya telah berbuat maksiat kepada-Nya, sehingga dia lebih utama daripada saya. 


Jika orang itu sudah tua, anggaplah bahwa dia telah beribadah kepada Allah sebelum saya. 


Jika orang itu berilmu, anggaplah bahwa dia telah diberi apa-apa yang tidak saya miliki, dia telah memperoleh apa-apa yang tidak saya peroleh, dan dia telah mengetahui apa-apa yang tidak saya ketahui. 


Jika dia orang yang bodoh, anggaplah bahwa dia berbuat maksiat kepada Allah karena kebodohannya, sedangkan saya berbuat maksiat kepada-Nya padahal saya mengetahuinya dan saya tidak mengetahui segala sesuatu yang akan terjadi di akhir hidupku dan segala sesuatu yang akan terjadi di akhir hidupnya. 

Jika orang itu orang kafir, anggaplah bahwa dia akan masuk Islam dan di akhir hidupnya, dia melakukan amal baik, sedangkan saya barangkali menjadi kufur, bahkan di akhir hidup saya, saya melakukan amal jelek."


Sesungguhnya Allah tidak menyukai seorang hamba-Nya yang memisahkan dirinya dari orang lain, sebagaimana dalam salah satu hadis. Sebagian ulama berdoa dengan doa berikut ini,


اللهم اجْعَلْنِيْ صَبُوْرًا وَاجْعَلْنِيْ شَكُوْرًا وَاجْعَلْنِيْ فِيْ عَيْنِيْ صَغِيْرًا وَفِيْ أَعْيُنِ النَّاسِ كَبِيْرًا .


"Ya Allah, jadikanlah aku orang yang bersabar dan bersyukur, dan jadikanlah aku di mataku kecil namun di mata orang-orang besar." (HR. Al Bazzar)


(Nashaihul Ibad, Syekh Nawawi Al Bantani)


MK Idrisiyyah



Baca juga 👇

Peluk Pasangan Anda, Karena Pelukan Anda Menenangkannya


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/mafaza_online  | Facebook : MafazaOnline | Twitter: @mafazanews


Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda


#abdulqadiraljailani #alibinabithalib

Share this article :

Posting Komentar