Sabtu, 13 Agustus 2022

Home » » TIDAK UPDATE TAYANGAN SERAMBI ISLAMI Aliansi Majelis Taklim Jabodetabek Geruduk TVRI

TIDAK UPDATE TAYANGAN SERAMBI ISLAMI Aliansi Majelis Taklim Jabodetabek Geruduk TVRI

TVRI Penuhi Tuntutan Majelis Taklim Aliansi Pecinta Serambi Islami


Mafaza-Online | Serambi Islami adalah tayangan Islami yang disiarkan setiap pagi. Acara ini selain digemari umat Islam juga sejalan dengan program pemerintah untuk membentuk karakter bangsa. 


Serambi Islami memiliki rating tinggi khususnya Kajian Tasawuf yang diasuh oleh Syaikh AKbar Muhammad Fathurahman, M.Ag, Mursyid Tarekat Idrisiyyah. Belakangan, entah kenapa acara ini tidak update lagi.


Inilah yang membuat Ratusan massa dari Aliansi Pecinta Serambi Islami menggelar aksi unjuk rasa damai di depan Gedung TVRI menuntut ditayangkannya kembali program TVRI berjudul ‘Serambi Islami’ yang sudah 6 bulan disebut-sebut tidak lagi update tayangan baru, Jumat (12/8/2022)


“Sudah cukup lama kita menunggu-nunggu, menanti-menanti kajian Serambi Islami dengan tayangan yang baru. Kami tersebar, khususnya yang ada di Jabodetabek, dari Kerawang, Bekasi, Serpong, Tangerang hadir kesini perwakilan-perwakilan Majelis Taklim sekian lama hampir 6 bulan menunggu-nunggu kajian Serambi Islami bersama (Ustadz) Syekh Muhammad Fathurrahman, tidak ada tayangan baru,” kata seorang Orator dalam aksi Aliansi Pecinta Serambi Islami.


Aliansi sudah berkali-kali berkirim surat elektronik (email) ke Direksi, namun seolah tak digubris. 


“Kami menyampaikan melalui email ke Direksi TVRI, tapi belum ada jawaban yang memuaskan. Sampai detik ini belum ada tayangan yang baru.” tandasnya.


Sementara itu, Lukman Al Hakim perwakilan Aliansi mengatakan, bukan tanpa alasan, kecintaan masyarakat terhadap tayangan-tayangan kerohanian Islam pagi TVRI itu seperti oase di tengah-tengah tayangan-tayangan televisi yang kering dari nilai-nilai akhlak yang baik.


Oleh karena itu, tayangan Serambi Islami tersebut amat kami apresiasi sebagai bentuk kepedulian negara dan TV milik bangsa itu terhadap nilai-nilai spiritualisme rakyat Indonesia yang cinta damai.


“Namun dalam beberapa bulan terkahir, massa aliansi melihat tayangan-tayangan di acara “Serambi Islami” hanya tayangan ulang yang pernah disiarkan sebelumnya, bahkan hingga berkali-kali diulang.” ungkap Lukman.


Fakta ini, masih kata Lukman, menimbulkan pertanyaan besar, ada apa dengan program tayangan yang jelas-jelas berdampak positif ini sampai tidak ada tayangan baru? 


Apakah karena tidak anggaran? 


Apakah tidak lagi menganggap penting pembinaan kerohanian masyarakat? 


Sepatutnya TVRI sebagai media bangsa lebih mendukung program “Revolusi Mental” dari pemerintah.


“Serambi Islami adalah program yang tepat.” tandas Lukman.


Atas keprihatinan ini, Massa aliansi bergerak dari masing-masing daerah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Cikampek, Subang, Purwakarta dan Tasikmalaya. 


Massa berkumpul di halaman kantor TVRI kemudian melakukan orasi yang dikomandoi oleh penanggung jawab aliansi, Lukman Al Hakim, orasi juga dilakukan oleh DR. H. Abdul Azis Khafia M.Si, DR. Ir. Irfan Budiono MM.


Aksi damai juga menyuarakan beberapa tuntutan kepada Dirut TVRI terkait tayangan-tayangan serambi islami. Aksi merupakan bentuk kepedulian masyarakat terhadap TVRI agar tetap konsisten dalam pemenuhan kebutuhan tuntunan agama atau moral bangsa Indonesia bahkan porsinya harus lebih banyak dari program hiburan semata. 


Usai aksi massa akan membubarkan diri dengan damai dan tertib.


Tuntutan Aliansi Pecinta Serambi Islami:


Atas Berkat Rahmat Allah Yang Maha Esa kami dari APSI dengan ini menyatakan:


1. Meminta bertemu (Audiensi) dengan Direktur Utama TVRI dan Direktur Program & Berita TVRI.


2. Meminta TVRI menampilkan tayangan-tayangan Serambi Islami dengan tema judul baru demi pencerahan ilmu baru umat, dan tidak menayangkan acara Serambu Islami dengan judul yang sama berulang-ulang.


3. Meminta TVRI agar lebih memperhatikan program Serambi Islami dan tidak memandang sebelah mata.


TVRI Penuhi Tuntutan Majelis Taklim Aliansi Pecinta Serambi Islami


Pihak TVRI memenuhi tuntutan Massa Aksi Aliansi Pecinta Serambi Islami. Direksi dan Manajemen TVRI bertemu dengan 4 perwakilan dari aliansi yang pada intinya, TVRI mengabulkan semua tuntutan Massa Aksi.


“Alhamdulillah kehadiran kita diterima dengan baik. Dan kita sudah menyampaikan apa yang menjadi kegelisahan saudara-saudara dan jamaah semuanya,” kata DR. H. Abdul Azis Khafia M.Si saat mengumumkan hasil pertemuan dengan Direksi TVRI.



Pada intinya, lanjut dia, Insya Allah kita doakan, paling lama 1 bulan ke depan ada perbaikan, “Ada kelanjutan dari apa yang kita harapkan bersama,” harapnya. 


Abdul Azis Khafia mendoakan, Mudah-mudahan semua yang terlibat dalam penyelenggaraan syiar Islam di TVRI, Allah berikan keridhoan, Allah berikan keberkahan, Allah jadikan keluarganya Sakinah Mawadah Warohmah, Allah jadikan anaknya, cucunya soleh dan solehah. 


“Kita doakan, siapapun yang menghalang-halangi syiar Islam di TVRI, mudah-mudahan Allah berikan hidayah,” pungkasnya.


Baca juga:

Hadits Umar Ra TIGA RUKUN AGAMA: Iman, Islam dan Ihsan


Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda

Share this article :

Posting Komentar