Rabu, 24 Agustus 2022

Home » » Imam Makkah Divonis 10 Tahun Penjara oleh Pengadilan Saudi

Imam Makkah Divonis 10 Tahun Penjara oleh Pengadilan Saudi

Syaikh Saleh Al-Talib. (Foto: YouTube) 

 
Organisasi Hak Asasi  Manusia mengatakan penangkapannya terjadi setelah dia menyampaikan khutbah tentang kewajiban umat Islam untuk berbicara menentang kejahatan di depan umum

Mafaza-Online | Mantan imam Masjid Agung Makkah, dijatuhi hukuman 10 tahun penjara oleh Penguasa Arab Saudi, menurut Lembaga Hak Asasi Manusia.


Pengadilan Banding membatalkan keputusan awal oleh Pengadilan Kriminal Khusus yang membebaskan Syaikh Al-Talib, alih-alih memberinya hukuman penjara formal, menurut kelompok hak asasi Prisoners of Conscience sebagaimana dilansir New Arab.


Syaikh Saleh al-Talib awalnya ditangkap pada Agustus 2018. Tidak ada penjelasan resmi atas penahanan pria berusia 48 tahun itu, tetapi Organisasi Hak Asasi  Manusia mengatakan penangkapannya terjadi setelah dia menyampaikan khutbah tentang kewajiban umat Islam untuk berbicara menentang kejahatan di depan umum.


Arab Saudi kerap memenjarakan aktivis, jurnalis, dan penceramah tanpa alasan yang jelas.


Puluhan penceramah dilaporkan telah ditangkap sejak 2017. Di antara mereka yang ditangkap adalah ulama Islam terkemuka Salman al-Audah, Awad al-Qarni, Farhan al-Malki, Mustafa Hassan dan Safar al-Hawali.


Al-Audah dan Al-Qarni, yang memiliki jutaan pengikut di media sosial, ditangkap September 2017 dan dituduh memiliki hubungan dengan Ikhwanul Muslimin, kelompok yang dinyatakan Arab Saudi sebagai organisasi teroris.


Sedangkan Al-Hawali ditahan setelah menerbitkan buku setebal 3000 halaman yang menyerang Putra Mahkota Muhammad bin Salman dan keluarga kerajaan yang berkuasa atas hubungan mereka dengan Israel. Al Hawali menyebut hubungan itu sebagai pengkhianatan.


Pekan lalu, pihak berwenang Saudi menghukum mahasiswa doktoral Salma As-Shihab 34 tahun penjara karena tweet yang kritis terhadap pemerintah, yang memicu kemarahan di seluruh dunia.


Baca juga 👇

LUKISAN PASIR Cara Unik Warga Gaza Rayakan HUT Kemerdekaan RI


Silakan Klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda



#imammakkah #saudi #haramain



Share this article :

Posting Komentar