Senin, 04 Juli 2022

Home » » MANUSKRIP A HASSAN Sahabat Akrab yang Selalu dibawa

MANUSKRIP A HASSAN Sahabat Akrab yang Selalu dibawa

Manuskrip A Hassan

MANUSKRIP A HASSAN Sahabat Akrab yang Selalu dibawa

Mafaza-Online | Catatan Ustadz A. Hassan Rahimahullah tentang berbagai persoalan agama, beserta referensi-referensinya. Karena itu, buku ini diberi nama Kitab "Kullu Syai`".  Menurut cerita, jika berdebat, beliau hanya membawa buku catatan ini.

Ustadz A. Hassan memang dikenal tekun dalam mempelajari soal-soal agama. Menurut keterangan cucu beliau, Ustadzah Tajunnisa, beliau tidak pernah keluar rumah kecuali untuk mengajar, memenuhi undangan pernikahan, menjenguk orang sakit, takziyah dan mengantar jenazah, mengantar dan menjemput tamu, atau keperluan-keperluan lain yang mendesak. Itu pun dengan disiplin waktu yang ketat. 


Artinya, sesuai dengan keperluan. Selebihnya beliau banyak menghabiskan waktu di kamarnya untuk membaca kitab dan menelaah soal-soal agama.


Meski tekun dan dikenal faqih dalam agama, Ustadz A. Hassan tak pernah malu menjawab "tidak tahu" kepada orang yang datang bertanya kepadanya. 


"Biasanya, beliau akan meminta waktu untuk menelaah pertanyaan itu dan memberikan jawaban kepada si penanya di waktu berikutnya, " kenang Ustadzah Tajunnisa, kepada saya saat berbincang di Pesantren Persis Putri, Bangil.

Jika tamu yang datang bertanya itu dari dalam kota, beliau meminta tamu itu untuk datang lagi di lain waktu untuk mendapatkan jawaban. 

Bagaimana Jika dari luar kota? "Beliau meminta tamu itu meninggalkan alamat, dan jawaban pertanyaan itu nanti beliau kirim via surat," ujar Ustadzah Tajunnisa.


Semoga Allah SWT merahmati beliau dengan rahmat yang luas. Aamiin | Arta Abu Azzam


Tulisan Arta Abu Azzam lainnya 👇

IN MEMORIAM Prof. Hasbi Wafat Jelang Berangkat Haji

Silakan Klik

Mafaza-Store

Lengkapi Kebutuhan Anda


Share this article :

Posting Komentar