Minggu, 06 Agustus 2017

Home » » Sinabung Meletus Lagi, DPR Minta BNPB Turun Tangan

Sinabung Meletus Lagi, DPR Minta BNPB Turun Tangan

  
Wakil ketua komisi VIII DPR RI, Iskan Qolba Lubis
Mafaza
-Online |
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus dengan melontarkan abu setinggi 4,2 kilometer dan meluncurkan awan panas sejauh 4,5 kilometer ke arah tenggara dan timur, Rabu (2/8/2017) sekitar pukul 10.00 WIB.


Wakil ketua komisi VIII DPR RI, Iskan Qolba Lubis meminta agar BNPB bergerak cepat menolong para penduduk terdampak.

"Sejauh ini berdasarkan laporan diketahui letusan itu membuat ribuan penduduk terdampak langsung dari hujan abu vulkanik," katanya, Rabu (2/8).

Menurut Iskan para penduduk terdampak itu sudah pasti membutuhkan suplai masker agar tidak tidak mengalami gangguan pernapasan.

Beberapa wilayah disekitar kaki Gunung Sinabung menurut politisi PKS ini bisa dikatakan mengalami dampak bencana yang parah. Menurutnya hujan abu menyebar di beberapa tempat seperti di Desa Perbaji, Sukatendel, Temberun, Perteguhen, Kuta Rakyat, Simpang Empat, Tiga Pancur, Selandi, Payung, dan Kuta Gugung.

"Kondisi itu membuat Warga membutuhkan masker dan air untuk membersihkan lingkungan. Apalagi berdasarkan laporan diketahui, di Desa Perbaji jarak pandang saat ini hanya tinggal 20 meter, karena tertutup abu tebal," katanya.

Untuk itulah Iskan meminta BNPB Provinsi, Kabupaten, dan Pusat segera melakukan kordinasi penanggulangan bencana meletusnya Gunung Sinabung ini.

"Perlu dipikirkan langkah-langkah antisipatif, sehingga dapat meminimalisir terjadinya korban  pasca terjadinya bencana," pungkasnya.
 
Artikel lainnya:
SERAMBI ISLAMI: Program Unggulan Islami TVRI

Silakan klik:
                                                         Lengkapi Kebutuhan Anda
Share this article :

Posting Komentar