Minggu, 13 Agustus 2017

Home » » Apa Arti 'Eta Terangkanlah' yang Viral? Ini Kata Budayawan Sunda

Apa Arti 'Eta Terangkanlah' yang Viral? Ini Kata Budayawan Sunda

9 ETA TERANGKANLAH TERKOCAK ! YOUNG LEX, SULE, ULTRAMAN, DLL ! 

Mafaza-Online | Heboh Eta Terangkanlah yang menjadi viral di sosial-media sebenarnya berasal dari lagu penyanyi religi, Opick, 'Khusnul Khotimah'. 

Opick sendiri santai saat lagunya dibuat menjadi parodi.

Kata Eta Terangkanlah pun meramaikan media sosial, baik tulisan maupun parodi orang menari diiringi lagu tersebut.

Budayawan Sunda dari Universitas Pasundan menjelaskan soal fenomena itu. Secara harfiah, kata Eta berasal dari bahasa Sunda yang berarti itu.

"Sebetulnya, kalau saya lihat di YouTube itu kan pelesetan dari lagu Opick, ada kata 'terangkanlah' kan di lagunya. Saya nggak tahu siapa yang melesetin kenapa jadi viral," kata budayawan Sunda, Hawe Setiawan, ketika dihubungi detikcom, Senin (7/8/2017).

Sementara itu, kata 'eta' secara harfiah berarti 'itu' atau kata petunjuk sesuatu. Ia mengatakan kata 'eta' di dalam kalimat 'Eta Terangkanlah' dianggap sebagai verbal intensifiers, yaitu semacam kata bantu penguat kata kerja di depannya sehingga tidak ada artinya. 

Hal ini berkaitan dengan kebiasaan orang Sunda yang menambahkan kata bantu sebagai penguat kata kerja di depan kata.

"Tapi dalam kesehariannya, kata 'eta' dapat dianggap sebagai penghantar penunjuk sesuatu. Di bahasa Sunda, ada sesekali verbal intensifiers, semacam penguat kata kerja. Misalnya, diuk artinya duduk, sebelum ada kata duduk biasanya ada awalan kata di depannnya, gek. Jadi gek diuk," kata Hawe. 



"Contoh lainnya, kalau mau pakai kata berdiri dalam bahasa Sunda disebut nangtung. Sebelum ada kata nangtung, harus ada kata jung. Jadi itu harus dihafal, itu kebiasaan di bahasa Sunda. Di penutur bahasa Sunda selalu dipakai tidak punya arti tapi punya fungsi," ucapnya.

Dengan begitu, dia menganalisis pembuat viral Eta terangkanlah merupakan seseorang yang berbicara bahasa Sunda. Sebab, dianalisis dari kebiasaan masyarakat Sunda yang biasanya menambahkan kata bantu untuk memperkuat kata depannya.

"Kata 'terangkanlah' sendiri bahasa Indonesia, kata 'terangkanlah' dari Opick, kata 'eta' dari bahasa Sunda. Hampir bisa dipastikan anak yang membuat viral video itu adalah anak yang lahir dari penutur Sunda," imbuhnya.



Artikel lainnya:
Silakan klik:
                                                         Lengkapi Kebutuhan Anda



Share this article :

Posting Komentar