Selasa, 21 Februari 2017

Home » » Sebuah Nasihat untuk yang Hobi "Copas"

Sebuah Nasihat untuk yang Hobi "Copas"

“Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir” (QS Qaaf [50] :18)

  
Mafaza
-Online |
Biasanya "saya" atau "kita" (rata-rata) tidak semua tentunya "hanya" copas dari "grup sebelah" atau "teman."

Ketika "saya" atau "kita" diminta konfirmasi oleh orang-orang yang kritis tentang tulisan/artikel/berita yang saya atau kita copas darimana sumbernya?

Rata-rata "saya" atau "kita"*atau *"mereka"*atau *"dia" tdk bisa "menjelaskan". Karena *"pengetahuan"*nya tentang _tulisan/artikel/berita/informasi_hanya *"copas-an"*saja....😀😳😀

Makanya "saya" atau "kita" atau "siapapun" juga mulai sekarang harus ekstra "hati-hati" di dalam meng-"copas" tulisan/ artikel/berita/informasi di medsos.

Berusahalah meng "copas" yg ada "link" nya. Itupun setelah "link" tersebut dibuka, dilihat, dibaca sampai tuntas. Jika "youtube" yah berusaha dilihat hingga selesai.

Sebab ada "link" yang tidak "match" dengan _tulisan/artikel/berita/informasi_nya. Atau minimal berusaha "tanya" atau minta pendapat "para ahli" dibidangnya.

Contoh jika itu tulisan/artikel/berita/informasi yg ada "link"*nya kepada orang yang dinggap *"ahli" atau "kompeten" atau *"para pakar"* dibidangnya. Baik itu tulisan/artikel/berita/informasi tentang kesehatan, ekonomi, budaya, sejarah, politik dsb....Afwan ya...(agak panjang).

Mengapa "saya" atau "kita" harus tanya kepada ahlinya ? Sebab jika itu berita "HOAX" maka "saya" atau " kita"*secara langsung atau tidak langsung ikut  menyebarkan *"HOAX" atau "berita bohong" tersebut.

Bagamimana jika _tulisan/artikel/berita/informasi_itu di "copas" lagi oleh teman-teman di grup medsos dengan minta izin _"share"_*atau *"tidak minta izin"? Apakah bisa "dihentikan?" Tentu sangatlah "sulitnya". Dan itu akibatnya bisa "fatal"* bagi yg benar-benar *"yakin"*atas _tulisan/artikel/berita/informasi_yang *"dicopas" tersebut.

Takutlah wahai orang-orang yang beriman dengan firman Allah SWT, "Tidak ada suatu kata (tulisan adalah gabungan beberapa kata) yang diucapkannya (huruf adalah perlambangan dari ucapan/gabungan huruf) kecuali ada disisinya malaikat yang selalu siap (mencatat) ." (QS Qaaf [50] :18)

Astaghfirullah 'azhim 100 kali Ini nasihat untuk "saya pribadi" dan untuk "kita" semua...

Mohon maaf jika teman-teman ada yabg terluka hatinya atau tersinggung atas "copas-an" dari saya berupa _tulisan/artikel/berita/informasi_yang bersifat "HOAX" Alias "Bohong"

Alfakir, Dedy Martoni
(Kelapa Dua, Depok, 19 Februari 2017)

Silakan klik:
                                                         Lengkapi Kebutuhan Anda

Sebelumnya:
Share this article :

Posting Komentar