Jumat, 01 Januari 2016

Home » » Kalapas Tasikmalaya, di Ponpes Idrisiyyah Saya Menemukan Islam yang Kaaffah

Kalapas Tasikmalaya, di Ponpes Idrisiyyah Saya Menemukan Islam yang Kaaffah

Ceramah Syaikh Akbar Fathurahman, memberi pencerahan kepada hatinya, sehingga jadi lebih paham dengan jalan yang seharusnya ditempuh


  
Kalapas Tasikmalaya, Julianto Budhi Prasetyono | FOTO: Imam Muharram
Kalapas Tasikmalaya, Julianto Budhi Prasetyono dengan latar belakang Masjid Al Fattah yang sedang dalam pembangunan
 

AL-IDRISIYYAH | SILATURRAHIM - Saling bersalaman menandai selesainya acara Qini Nasional ke-130 di Pondok Tarekat Al-Idrisiyyah, Pagendingan, Tasikmalaya, Ahad (27/12/2015), Rasa Haru menyelimuti jamaah Al-Idrisiyyah. Terngiang di telinga ceramah penutupan Syaikh M Fathurahman, pulang kembali ke daerah masing-masing untuk berdakwah, memperbaiki kondisi umat Islam. Padahal menengok ke diri sendiri, masih hina berlumur dosa. Tapi, Sang Guru sudah menitahkan, itu artinya amanat yang harus ditunaikan. Ajang Qini tak ubahnya seperti batere handphone yang harus di-charge.

Airmata pun tak tertahan, tumpah seiring lagu perpisahan:
Kami ucapkan selamat perpisahan kepada santri qini seperjuangan
Selamat berjalan, selamat beramal ....
Semoga Allah memberkahi, semoga kita bisa bertemu lagi
Selamat beribadah dengan hati yang suci untuk bekal akhirat nanti ….

Festival Qini ini juga menyedot lebih dari tujuh ribu jamaah. Tua muda, rakyat jelata, selebriti dan juga pejabat ikut memeriahkan Festival Qini. Diantara tamu yang hadir adalah  Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Tasikmalaya, Julianto Budhi Prasetyono.

Mulanya agak sulit untuk mewawancarai sosok ini, bukan karena enggan diwawancarai tapi karena kehadirannya yang membaur dengan jamaah lain, bergamis putih, plus peci putih, penampilan Julianto layaknya santri Al-Idrisiyyah. Beberapa kali Tim Kominfo Al-Idrisiyyah sempat kehilangan jejaknya. Alhamdulillah, di teras Masjid Al-Fattah kami berhasil mewawancarainya. 

“Saya mengikuti selama tiga hari acara Qini Nasional 2015, bisa hadir di acara ini adalah suatu karunia dan rahmat dari Allah SWT,” kata Julianto.

Ceramah Syaikh Akbar Fathurahman, masih kata Julianto, memberi pencerahan kepada hatinya, sehingga jadi lebih paham dengan jalan yang harus ditempuh. Harapannya akan terjadi perbaikan bagi pribadi, keluarga, bangsa dan umat Islam secara keseluruhan. Julianto bahagia dan terharu karena menemukan Islam yang kaaffah, yang total sebenar-benarnya.

“Karunia dan rahmat yang sungguh luarbiasa dari Allah SWT. Karena saya bisa hadir di acara ini. Bukankah semua orang mencari-cari Islam yang kaaffah itu seperti apa? Alhamdulillah justru di Tasik ini saya menemukannya,” tutur Julianto.

 "Alhamdulillah justru di Tasik ini saya menemukannya"
Julianto mengaku kenal Al-Idrisiyyah dari rutin mengikuti pengajian di kantornya Lembaga Pemasyarakatan Tasikmalaya. Jamaah pengajian di instansinya itu mengadakan persiapan atau rencana khusus untuk bisa mengikuti Qini Nasional ini.

Menurutnya, tiga hari mengikuti gemblengan di Pondok Al-Idrisiyyah seperti terlahir kembali. Julianto berjanji, nilai-nilai kebaikan dalam ceramah Syaikh Akbar, akan disampaikan kepada keluarganya, kemudian ke lingkungan masyarakat dan lingkungan kerjanya.  

Selaku pimpinan, saya berkewajiban membawa kebaikan kepada bawahan,” tegasnya

Konkritnya nilai-nilai apa yang akan Anda terapkan? Menjawab pertanyaan ini, Julianto mengatakan, “Kalau sesuatu dimulai dari hati alias perbaikan mental Iman dan Islamnya, Insya Allah semua akan menjadi baik dan tercapai keberkahan dari Allah SWT.”

Kesan Julianto terhadap Al-Idrisiyyah secara umum dan Syaikh Akbar khususnya selaku Mursyid, adalah buah dari pencariannya selama ini. Tentu nilai-nilai yang dia dapat selama mengikuti taklim dan zikir di Al-Idrisiyyah akan menjadi pedoman dan penguatan bagi jatidirinya.

“Insya Allah Syaikh Akbar Fathurahman akan selalu diberkati dan dirahmati oleh Allah SWT, selalu dalam keadaan sehat walafiat,” doanya menutup percakapan.

Aamin ya Rabbal alamin.... 

Sumber:


Share this article :

Poskan Komentar