Senin, 24 Februari 2014

Home » » KPU: Pers Jangan Terjebak Pemberitaan Persaingan Capres

KPU: Pers Jangan Terjebak Pemberitaan Persaingan Capres

Lebih penting mengedepakan pokok pikiran dari setiap peserta pemilu

Mafaza-Online.Com|JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik, meminta setiap elemen masyarakat ikut menyukseskan Pemilihan Umum 2014. Secara khusus dia berharap agar media juga dapat melahirkan jurnalisme damai. Jurnalisme positif yang lebih mengedepankan makna dan etika.

Apalagi, di tahun politik ini, kata Husni, media diharapkan tidak terjebak pada jurnalisme yang hanya fokus pada pemberitaan persaingan antarkandidat capres ataupun caleg.


"Tetapi lebih penting mengedepakan pokok pikiran dari setiap peserta Pemilu dalam mengelola bangsa ini, jika mereka diberi kepercayaaan oleh rakyat lima tahun ke depan," kata Husni dalam acara Fun Walk HUT ke-27 Suara Pembaruan, Ahad (23/02/2014), di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Besarnya pengaruh pers kepada masyarakat, kata Husni, menjadi peluang dan sekaligus tantangan bagi pengelola pers. Media memiliki peluang yang sangat besar dalam menjalankan fungsi sebagai representasi maupun rekonstruksi atas realitas sosial, politik, ekonomi dan budaya bangsa yang pluralistik.

"Sebagai instrumen representasi kepentingan publik, pers semestinya menjadi arena interaksi politik dan pembentuk opini publik yang sehat," katanya. (vivanews)



Silakan di Klik:

Share this article :

Poskan Komentar