Rabu, 17 Juli 2013

Home » » Lomba Foto APFI 2012 Berikan 3 Nominasi Citizen Journalist

Lomba Foto APFI 2012 Berikan 3 Nominasi Citizen Journalist

Anugerah Pewarta Foto Indonesia (Aljon Ali Sagara)
Pameran foto APFI 2012 kali ini menampilkan 27 karya foto pemberitaan pada 8 kategori

MafazaOnline | JAKARTA – Ajang pamer karya fotografi bagi jurnalis foto diseluruh Indonesia pada Gelar Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2012 sukses dibuka di Grand Indonesia, lantai 5, Jakarta Pusat, Senin (15/7/2013).

Pameran foto APFI 2012 kali ini menampilkan 27 karya foto pemberitaan pada 8 kategori, yakni General news, Spot News, People in the News, Nature and Environment, Sport, Arts and Entertainment, Daily Life, dan juga Citizen Journalist.

Ketua PFI Jerry Adiguna mengakui meningkatnya kuantitas peserta dikarenakan besarnya pertumbuhan karya foto pewarta warga, “Hal ini menggembirakan karena menunjukkan minat dan kepedulian terhadap apa yang ditemui dan dilihatnya,” kata Jerry.

Ketua APFI 2013 Eko S Hilman berharap penghargaan bagi foto citizen journalist terbaik akan meningkatkan minat masyarakat untuk aktif mewartakan apa yang dialami dan ditemui sehari-hari melalui jepretan kamera.


Putri Rahayu, Seorang peserta Citizen Journalist, mahasiswa jurusan jurnalistik semester akhir Universitas Sahid, Jakarta, menilai, secara keseluruhan karakteristik foto pemenang yang di tayangkan memang keren banget. Tetapi “Masalah teknisnya begitu masih kurang,” katanya.

Kepada MafazaOnline, Putri membenarkan pernyataan bahwa tata lampu dan kenyamanan dalam area pameran masih terkesan kurang memadai, tidak seragam ada yang gelap sekali dan ada yang teramat terang. Terkadang sulit untuk memandang foto yang dipajang di dinding pameran APFI 2013.

Tiga pemenang kategori citizen journalist adalah bertemakan kebakaran di Tanah Abang (Pemenang I), kemudian, proyek instalasi kabel listrik di Sumatera Barat (Pemenang II), serta bertemakan Petani Ladang melintasi sungai di Sumatera Barat (Pemenang III).

Pameran juga menggelar seminar, talkshow, penghargaan foto terbaik, serta membuka stand dagang buku karya foto baik baru diterbitkan, atau yang diperkenalkan kembali setelah terbit beberapa tahun sebelumnya.







Share this article :

Poskan Komentar