Senin, 15 Mei 2023

Home » » Surat al Mulk Pengantar Tidur Cahaya yang Menemani di Alam Kubur

Surat al Mulk Pengantar Tidur Cahaya yang Menemani di Alam Kubur

Surat al Mulk Pengantar Tidur Cahaya yang Menemani di Alam Kubur
Surat al Mulk adalah surat ke-67 dalam urutan mushaf Al-Qur'an yang terdapat dalam juz 29. Menurut sebuah riwayat, orang yang membaca surat Al Mulk sebelum tidur akan terhindar dari siksa kubur


Mafaza-Online | Keutamaan Membaca Surat Al Mulk. Surat Al Mulk termasuk surat yang rutin dibaca Rasulullah   sebelum tidur. Hal ini disandarkan pada sebuah riwayat yang berasal dari Jabir RA.


ان النبي صلّى اللّه عليه وسلّم لا ينام حتى يقرأ الم تَنْزِيلُ السجدة ، وتَبارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ


Artinya: "Nabi   tidak tidur sampai beliau membaca Alif Lam Mim tanzil (surat As Sajdah) dan Tabarakalladibiyadihil-mulk (surat Al Mulk)," (HR Ahmad).


Baca Juga:

Review Film: Buya Hamka


Orang yang membaca surat Al Mulk akan mendapatkan keselamatan dari siksa kubur. Sebagaimana diceritakan dari sahabat Abdullah bin Mas'ud RA, bahwa Rasulullah   bersabda,


من قَرَأَ ( تبَارك الَّذِي بِيَدِهِ الْملك ) كل لَيْلَة مَنعه الله بهَا من عَذَاب الْقَبْر


Artinya: "Siapa yang membaca surat Al Mulk setiap malam, Allah SWT akan menghindarkannya dari siksa kubur dengan surat tersebut," (HR An Nasa'i).


Keutamaan lain orang yang membaca surat Al Mulk adalah mendapat syafa'at atau penolong kelak di alam kubur. 


Pendapat ini mengacu pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan imam pengarang kitab sunan empat. At Tirmidzi mengatakan ini adalah hadits hasan.


حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَبَّاسٍ الْجُشَمِىِّ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ إِنَّ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِىَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ


Artinya: "Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan pada kami Muhammad bin Ja'far, telah menceritakan kepada kami Syu'bah, dari Qotadah, dari 'Abbas Al Jusyamiy, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, 'Ada suatu surat dari Al-Qur'an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa'at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu: Tabaarakalladzii biyadihil mulku... (surat Al Mulk)."


Selanjutnya Yuk kita baca surat Al Mulk


Sebelumnya:

Silakan klik:

Share this article :

Posting Komentar