Kamis, 17 November 2022

Home » » Hadiri Haul Solo, Anies Baswedan: Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi Teladan Kita Semua  

Hadiri Haul Solo, Anies Baswedan: Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi Teladan Kita Semua  

Tangkapan layar channel Youtube Nabawi TV
Di akhirat nanti seseorang akan dikumpulkan bersama dengan yang dicintainya

Mafaza-Online | Anies Baswedan menghadiri Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di Masjid Riyadh, Solo hari ini. Dalam pernyataanya, Gubernur DKI Jakarta periode 207-2022 itu mengatakan bersyukur masih mendapat nikmat iman dan Islam dari Allah SWT yang bisa menghadiri acara haul.


“Yang menghadirkan kita kepada kekasihnya dan menggerakkan kita semua untuk bisa berkumpul pada hari ini,” ujar Anies di depan para jamaah haul di dalam Masjid Riyadh, Solo, Jawa Tengah, Selasa, 15 November 2022.

Anies berpesan bahwa di akhirat nanti seseorang akan dikumpulkan bersama dengan yang dicintainya. Meski mengaku sering tertatih-tatih meneladani Nabi Muhammad SAW dan Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi, Anies berdoa semoga Allah SWT mencintai semua makhluk. 


“Melalui kecintaan kita pada kekasihnya,” kata dia.


Dalam pesannya, Anies mengatakan meski sudah berpisah ribuan tahun dengan Habib Ali namun almarhum mengajarkan bagaimana mencintai Nabi Muhammad SAW. 


Dengan kecintaan sesungguhnya kata dia melalui shalawat yang diajarkan Habib Ali, juga melalui amal, keteladanan, ilmu, dan murid-murid yang terus bertumbuh.


Para jamaah kata Anies rela berhari-hari menempuh perjalanan jauh berhari-hari hanya untuk menghadiri Haul Habib Ali. Jamaah dengan rela mengeluarkan uangnya dengan menginap berhari-hari. 


Hal ini kata dia menunjukkan bahwa atas izin Allah SWT, iman, ilmu, itu bisa memotong jarak waktu dan lokasi.


Anies mengaku sempat menghitung jarak dari Seiwun, tempat kelahiran Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. 


“Hitungan kilometernya dari Seiwun ke Solo ini 7.200 kilometer, hitungan kilometernya, hitungan tahunnya dari kelahirannya 179 tahun, dari wafatnya 11 tahun,” tuturnya.


Meski berpisah jarak kata Anies para jamaah di haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi mampu menghadirkan cinta. 


Dia berdoa dengan kecintaan terhadap almarhum bisa menghadirkan tekad untuk terus meneguhkan iman, ilmu, dan amal. 


“Untuk meneladani yang kita cintai,” ujarnya.


Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi kata Anies mengajarkan keteladanan yang sempurna. Dia menukil pernyataan Habib Jindan bahwa almarhum adalah ulama yang mencerminkan diri sebagai sosok pengemban amanat. 


Ini katanya merupakan bukti kecintaan almarhum kepada Nabi Muhammad SAW. 


“Sungguh hari ini adalah hari yang berbahagia menjadi bagian dari jutaan manusia yang digerakkan kecintaan kepada beliau. Cinta kepada nabinya, Insya Allah keteladanan Habib Ali mengajarkan kepada kita bahwa kecintaan itu memang harus dibuktikan,” ujar Anies.


Kecintaan itu tutur Anies harus diwujudkan dengan kesungguhan hati dan dengan apa segala yang kita miliki. 


“Karena cinta bukan kata sifat, tapi cinta adalah kata kerja dan kita yang berada di sini adalah mewujudkan arti sebenarnya dari kata kerja yang bernama cinta,” katanya.


Anies berpesan semoga kita semua diberikan kekuatan yang berlipat untuk lebih mencintai Nabi Muhammad, Habib Ali Al Habsyi.  


“Insya Allah keberkahan selalu mengiringi kita dimudahkan dalam segala urusannya, dilipatgandakan seluruh dakwahnya dan Insya Allah memberikan manfaat bagi semua,” katanya. (kba)


Baca juga 👇

Dakwah adalah Keteladanan

Silakan Klik:

۞Gerakan Wakaf al Quran۞

Hanya dengan Rp 50.000 Anda sudah ikut berdakwah



#AniesBaswedan #HaulSolo   

Share this article :

Posting Komentar