Minggu, 11 September 2022

Home » » Foto Anies di Kompas, Mantan Wamenkum HAM: Kok Framingnya Kasar Begitu!

Foto Anies di Kompas, Mantan Wamenkum HAM: Kok Framingnya Kasar Begitu!

Pakar Hukum dan Mantan Wamenkum HAM Denny Indrayana

 
Pakar komunikasi politik Kedai Kopi Hendri Satrio menilai, penayangan foto Anies seorang diri dalam artikel itu menunjukkan ketidakobjektivan Kompas


Mafaza-Online | Pakar komunikasi politik dari Kedai Kopi Hendri Satrio menyayangkan penayangan foto yang menampilkan Anies Baswedan di Gedung KPK dalam artikel berjudul “Korupsi Bukan Lagi Kejahatan Luar Biasa”, di rubrik Politik dan Hukum Harian Kompas, Kamis 8 September 2022.


“Ini menunjukkan ketidakobjektivan Kompas. Semestinya 23 koruptor itu yang dipasang, bukan (Anies) sendirian seperti itu,” katanya kepada KBA News.


Upaya penjegalan untuk berlaga dalam Pilpres 2024 kian tidak sehat dilakukan kelompok-kelompok tertentu akhir-akhir ini, di tengah kesuksesan Anies memimpin Jakarta dengan segudang prestasi.


Foto yang ditampilkan Harian Kompas itu pun diduga sebagai bagian dari gerakan kelompok tertentu untuk menciptakan persepsi buruk di tengah masyarakat.

“Kok framing-nya kasar begitu?” ujar pakar hukum sekaligus mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana.


Sebelumnya, pakar komunikasi Universitas Islam 45 Bekasi Tatik Yuniarti mengatakan, “Kalau saya baca secara keseluruhan artikel itu, berita tentang Pak Anies sebenarnya hanya berita tambahan saja. Berita bahwa Pak Anies dipanggil KPK untuk memberikan keterangan terkait penyelidikan dugaan korupsi perhelatan Formula E. Kenapa tidak gambar dari ke-23 koruptor itu yang dimasukkan dalam frame Kompas?”


Dari sisi framing, lanjut Tatik, ada opini yang terbangun dari situ. Opini yang akan muncul ketika masyarakat melihat berita tersebut, seolah-olah Anies termasuk orang yang terlibat dalam kegiatan tindakan korupsi yang terjadi dalam penyelenggaraan Formula E.


“Padahal, ini baru tahap penyelidikan dengan masih saksi-saksi dihadirkan. Meskipun kita sudah tahu beberapa waktu lalu pernah juga Pak Anies sebenarnya memberikan keterangan dengan sejelas-jelasnya tentang bagaimana Formula E ini diselenggarakan, termasuk aliran anggarannya seperti apa,” tutur dia.


Dari sisi komunikasi, jelas gambar yang disajikan itu akan sangat memberikan frame ke publik sebuah pertanyaan atau menduga apakah benar Anies terlibat di situ dan seberapa besar perannya dalam kasus Formula E yang sedang diselidiki.


“Nah, ini menjadi panas karena kita memang akan mendekati tahun politik, di mana Pak Anies menjadi salah satu tokoh yang kemungkinan besar dicalonkan sebagai Presiden,” ujar Tatik.

Begitu pun dari sisi politik, ketika gambar ini dimunculkan, opini publik akan terbentuk. Penggiringan opini itu akan memengaruhi persepsi masyarakat terhadap seorang tokoh, dalam hal ini Anies Baswedan.


“Nah ini mungkin yang diinginkan oleh beberapa kelompok politik tertentu agar (Anies) tokoh yang relatif bersih ternyata memiliki track record yang buruk. (Anies) yang selama ini dielu-elukan, sekarang persepsi publik kepadanya akan menjadi turun,” katanya. KBA


Baca juga 👇

Anies Baswedan di KPK, Senang Sekali Bisa Membantu KPK Mencegah Korupsi



Silakan Klik:

Lengkapi Kebutuhan Anda

#remisi #koruptor #dennyindarayana


Share this article :

Posting Komentar