Rabu, 20 Juli 2022

Home » » TAREKAT SUFIYAH Cara Allah Menjaga Islam di Rusia

TAREKAT SUFIYAH Cara Allah Menjaga Islam di Rusia

Khabib Nurmagomedov tak terima Islam diolok-olok Conor McGregor. (Harry How/Getty Images/AFP)

Setiap sesuatu selain Allah pastilah ada sisi lemahnya, tak terkecuali umat Islam


أنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وَسَلَّمَ أَقْبَلَ ذَاتَ يَومٍ مِنَ العَالِيَةِ، حتَّى إذَا مَرَّ بمَسْجِدِ بَنِي مُعَاوِيَةَ دَخَلَ فَرَكَعَ فيه رَكْعَتَيْنِ، وَصَلَّيْنَا معهُ، وَدَعَا رَبَّهُ طَوِيلًا، ثُمَّ انْصَرَفَ إلَيْنَا، فَقالَ صَلَّى اللَّهُ عليه وَسَلَّمَ: سَأَلْتُ رَبِّي ثَلَاثًا، فأعْطَانِي ثِنْتَيْنِ وَمَنَعَنِي وَاحِدَةً، سَأَلْتُ رَبِّي: أَنْ لا يُهْلِكَ أُمَّتي بالسَّنَةِ فأعْطَانِيهَا، وَسَأَلْتُهُ أَنْ لا يُهْلِكَ أُمَّتي بالغَرَقِ فأعْطَانِيهَا، وَسَأَلْتُهُ أَنْ لا يَجْعَلَ بَأْسَهُمْ بيْنَهُمْ فَمَنَعَنِيهَا


Sa'ad bin Abi Waqash mengatakan, bahwa suatu hari Rasulullah tiba dari tempat yang tinggi. Ketika melewati masjid Bani Muawiyah, beliau masuk dan kemudian shalat dua rakaat. Mereka pun shalat bersama dan Nabi   memanjangkan doa kepada Allah lalu berpaling kepada mereka. Rasulullah   lalu bersabda, "Aku memohon tiga perkara kepada Allah, maka Allah memberiku dua perkara dan menolak satu perkara.


Aku memohon agar Dia tidak membinasakan umatku dengan kekurangan pangan yang menyeluruh, maka Dia mengabulkannya, tidak membinasakan mereka dengan ditenggelamkan, maka Dia mengabulkannya, dan tidak menimpakan permusuhan di antara mereka, maka Dia menolaknya." (HR Muslim).


Begitulah kenyataannya, bencana alam dan serangan musuh-musuh Islam tidak akan memusnahkan umat ini. Komunis era Uni Sovyet yang berkuasa hingga 75 tahun, menbabat semua lawan-lawan politiknya. Kita sebelumnya tidak tahu bagaimana nasib Islam di negeri Kaukasus ini. 


Tapi kemunculan petarung MMA Khabib Nurmagomedov dari Dagestan memunculkan percik cahaya Islam.

 

Kebanyakan warga Dagestan memeluk agama Islam Mazhab Syafii. Seperti kebanyakan wilayah Kaukasus lainnya, kaum Islam pribumi Dagestan bergabung dengan jamaah Sufi. Ini sudah dilakukan berabad-abad silam.


Salah seorang tokohnya,  Syaikh Said Affandi al Chirkawi   seorang tokoh, alim, mursyid Tarekat Naqsyabandi dan Syadziliyah di Dagestan. 


Sosok Khabib Nurmagomedov kerap menunjukkan tangan dan melihat ke atas. Itu adalah cara Khabib menunjukkan kebesaran Allah SWT.


Khabib adalah salah satu petarung MMA dan UFC yang menunjukkan simbol Islam di arena pertarungan. Saat debut di UFC melawan Kamal Shalorus, Khabib beberapa kali menunjukkan gestur berdoa dengan mengangkat tangan.


Gaya itu selalu diulang petarung asal Dagestan ini dalam setiap duel. Khabib sadar dia hidup karena kebesaran Allah. Petarung berjuluk The Eagle itu berdoa agar dimenangkan Allah, dan bersujud syukur setelah menang.


Dalam setiap kesempatan wawancara, Khabib selalu menyematkan kata-kata pujian untuk Sang Pencipta seperti 'Alhamdulillah' dan 'Insya Allah' bahkan di atas arena sekalipun di depan orang-orang banyak. 


Dia menjadi salah satu tanda Khabib merupakan pribadi yang relijius dan bangga menunjukkan dirinya sebagai Muslim.


Sinar Islam yang dibawa Khabib Nurmagomedov di UFC makin kentara ketika bertarung dengan Conor McGregor dalam perebutan sabuk juara kelas ringan, Oktober 2018.


Baik jelang pertarungan maupun usai pertarungan dengan McGregor, Khabib beberapa kali mendapat penghinaan sebagai seorang Muslim. Ingatan publik belum sirna saat Conor McGregor mengolok-olok ayah, istri, dan latar belakang agama Khabib.


Melalui olahraga Mixed Martial Arts (MMA) yang digelutinya, Khabib ingin menyuarakan bahwa Islam bukanlah agama yang mengajarkan hal-hal negatif. Di saat yang sama, ia juga sempat mengkritik cibiran McGregor karena MMA merupakan olahraga yang mengutamakan sportivitas.


"Dia berbicara tentang agama saya. Dia berbicara tentang negara saya. Dia berbicara tentang ayah saya. Ini adalah olahraga terhormat, ini bukan olahraga untuk adu omongan kotor," katanya.



Islam di Rusia hanya salah satu contoh, bagaimana cara Allah memelihara agama ini. 


Kembali ke hadits di atas, Islam hanya akan dikalahkan oleh pengkhianatan dari umatnya sendiri, oleh peperangan antar umat Islam. Soal persatuan urusan ini terpulang kepada umat Islam. Waspadailah adu domba, karena perpecahan inilah yang membuat kita lemah. 


Istilahnya keren Ringworm, jadi Trending pula di Google, Apaan sih?


Silakan Klik 

Mafaza-Store

Lengkapi Kebutuhan Anda





Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: TAREKAT SUFIYAH Cara Allah Menjaga Islam di Rusia . All Rights Reserved