Minggu, 17 Juli 2022

Home » » Azab Bagi yang Enggan Bersyukur

Azab Bagi yang Enggan Bersyukur

Aku mengeluh; Yaa Allah aku benci hidup ini?! Allah pun menjawab siapa yang menyuruhmu untuk mencintai dunia ini? Cukup cintai Aku, maka hidupmu akan indah! 

Mafaza-Online | Selain menghabiskan waktu, mengeluh butuh energi. Itu semacam, azab yang kita terima secara cash. Sebagai hamba Allah, mestinya kita harus selalu bersyukur kepada-Nya. 


Pintar-pintarlah bersyukur, berusahalah untuk tidak mengeluh dengan kondisi tak mengenakkan yang kita alami. 


Mengeluh dan merasa sedih memang wajar kala kita sedang dalam posisi yang kurang menguntungkan. Tapi kita harus selekasnya menyadari, bahwa mengeluh itu bukan solusi. Tak ada gunanya, mengeluh berlama-lama. 


Saat keinginan untuk mengeluh hadir dalam jiwa dan pikiran, berusahalah untuk menepisnya dengan istighfar. Banyak cara untuk bersyukur, salah satunya cobalah melihat orang yang kehidupannya di bawah kita. Itulah salah satu trik agar lekas bersyukur. Jeli-lah, nikmat Allah SWT yang diberikan kepada kita selama ini sangat banyak. Berusahalah untuk menjadi hamba yang pandai mensyukuri nikmat-Nya.


Bicara tentang: "Syukur" ada pembahasan menarik di Majalah Sabili Edisi 9/ Tahun XVIII/ 23 Desember 2010. Dalam Rubrik Tadabur, DR M Mu’inudinillah Basri, MA menjelaskan tentang azab Allah bagi orang yang tak bersyukur. 


Dalam Al-Quran Surat an-Nahl: 112 dijelaskan: “Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dulunya aman lagi tentram, rezekinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nikmat-nikmat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat.”


DR M Muinudinillah menjelaskan, para mufassirin seperti Aisyah ra menafsirkan, yang dimaksudkan ayat ini adalah Makkah dan penduduknya yang semula dalam kondisi aman tentram, rezeki datang kepada mereka dengan mudah. Dan ketika mereka kufur kepada Nabi Muhammad . dan menentangnya, Allah SWT menghukum mereka dengan paceklik selama bertahun-tahun sehingga mereka memakan bangkai.


Ayat ini sebagai pelajaran bagi yang berpaling dari ayat Allah dan kufur terhadap nikmat-Nya sehingga ditimpa kehancuran dalam berbagai sisi kehidupan. 


Seperti yang Allah katakan (dalam Al-Qur’an Surat Ibrahim: 28-29), “Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang telah menukar nikmat Allah dengan kekafiran dan menjatuhkan kaumnya ke lembah kebinasaan, yaitu neraka Jahannam; mereka masuk ke dalamnya; dan itulah seburuk-buruk tempat kediaman” (halaman 100).


Musibah dan bencana yang ditimpakan kepada orang yang tidak bersyukur ada dua macam; siksaan fisik dan non-fisik. 


Siksaan non-fisik berupa tercerabutnya iman dalam hati sehingga tidak merasakan kelezatan iman dan ibadah, dan dirasukinya cinta dunia serta dijadikan budak hawa nafsu (halaman 101).


Semoga setelah membaca ulasan singkat ini, kita dapat termotivasi untuk meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah Swt. Mudah-mudahan kita dijauhkan dari siksa-Nya. Aamiiin yaa rabbal alamiiin | Sam Edi Yuswanto


Lainnya:

KELUARGA Sisi Segar Ayah




#sabili #bersyukur #tadabbur


Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Azab Bagi yang Enggan Bersyukur . All Rights Reserved