Rabu, 29 Juni 2022

Home » » CABUT ATURAN WAJIB HIJAB Wanita Saudi Pamer Rambut Pendek Gaya “Boy”

CABUT ATURAN WAJIB HIJAB Wanita Saudi Pamer Rambut Pendek Gaya “Boy”


Safi, seorang dokter Saudi berusia 26 tahun, berpose dengan rambut pendeknya di dekat gedung pencakar langit Kingdom Center di pusat ibu kota Arab Saudi, Riyadh, pada 19 Juni 2022.(FAYEZ NURELDINE/AFP PHOTO)

Selain kebijakan yang melonggar, Penyebab lainnya adalah karena semakin banyak wanita bisa bergabung dengan angkatan kerja, sebagai upaya pemerintah untuk membangun kembali ekonomi Saudi

Mafaza-Online | Potongan rambut pendek yang dikenal secara lokal dengan kata bahasa Inggris “boy” mencolok terlihat di jalan-jalan ibu kota Arab Saudi. Tren ini muncul setelah wanita Arab Saudi tidak lagi diharuskan mengenakan hijab, sesuai reformasi sosial yang didorong oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS), penguasa de facto Arab Saudi. 


Di salah satu salon di pusat kota Riyadh, permintaan untuk potongan rambut "boy" melonjak. “Tujuh atau delapan dari 30 pelanggan memintanya pada hari tertentu,” kata Lamis, seorang penata rambut. Dia mengaku bahwa tampilan ini menjadi sangat populer sekarang. 


Permintaan meningkat, terutama setelah perempuan memasuki usia pasar tenaga kerja. "Faktanya banyak wanita tidak mengenakan jilbab memilih potongan pendek,”, kata dia. 


Tren ini mendorong lebih banyak pelanggan untuk mencobanya, terutama wanita di akhir usia belasan dan dua puluhan. Kebijakan baru Pangeran MBS bukanlah faktor tunggal menjamurnya tren potongan rambut pendek di kalangan wanita Arab Saudi ini. 


Penyebab lainnya adalah karena semakin banyak wanita kini bisa bergabung dengan angkatan kerja, bagian utama dari upaya pemerintah untuk membangun kembali ekonomi Saudi. 


Perkembangan wanita profesional Arab Saudi Banyak wanita pekerja yang diwawancarai oleh AFP memuji potongan "boy" sebagai alat untuk arah kehidupan profesional baru mereka. 


Mereka menggambarkan potongan "boy" (anak laki-laki) sebagai alternatif praktis dan profesional dari gaya yang lebih panjang, yang mungkin mereka sukai di masa prakerja mereka sebelumnya. 


Dokter Saudi Safi, yang mengambil pekerjaan baru di sebuah rumah sakit di ibu kota, mengaku memutuskan untuk memadukan tampilan jas lab putih standarnya dengan gaya yang dulu pernah dianggap tabu. 


Pergi ke salon Riyadh, dia memerintahkan penata rambut untuk memotong pendek rambutnya yang panjang dan bergelombang sampai ke leher, gaya yang semakin populer di kalangan wanita pekerja di kerajaan konservatif itu. 


Bagi Safi, yang meminta untuk diidentifikasi dengan nama samaran untuk menjaga anonimitasnya, tampilan ini juga berfungsi sebagai bentuk perlindungan dari perhatian laki-laki yang tidak diinginkan, dan memungkinkan dia fokus pada pasiennya. 


"Orang suka melihat feminitas dalam penampilan wanita," katanya. 


"Gaya ini seperti perisai yang melindungi saya dari orang-orang dan memberi saya kekuatan." 


Kekuatan dan kepercayaan diri Arab Saudi secara Islami melarang pria yang "meniru wanita" atau memakai pakaian wanita, dan sebaliknya. 


Tapi Rose, seorang pramuniaga sepatu berusia 29 tahun di mal Riyadh, melihat potongan pendek rambutnya merupakan cara untuk menegaskan kemandiriannya dari pria, bukan meniru mereka. 


Itu "memberi saya kekuatan dan kepercayaan diri... Saya merasa berbeda, dan mampu melakukan apa yang saya inginkan tanpa perwalian siapa pun", kata Rose, yang tidak mau menyebutkan nama lengkapnya. 


"Awalnya keluargaku menolak potongan ini, tapi lama kelamaan mereka terbiasa," tambahnya. 


Penerimaan tersebut sebagian mencerminkan pengaruh dari bintang Arab seperti artis Yasmin Raeis atau penyanyi Shirene, yang telah mengadopsi gaya tersebut, menurut stylist Mesir Mai Galal. 


"Wanita yang memotong rambutnya dengan cara ini adalah wanita yang karakternya kuat karena tidak mudah bagi wanita untuk membuang rambutnya," kata Galal kepada AFP. 


Nouf, yang bekerja di sebuah toko kosmetik, menggambarkan pesan di balik tren potongan "boy" itu sebagai berikut: "Kami ingin mengatakan bahwa kami ada, dan peran kami dalam masyarakat tidak jauh berbeda dengan peran laki-laki di masyarakat" 


Rambut pendek, tambahnya, adalah "Menunjukkan kekuatan wanita". 

Perubahan kebijakan bagi wanita Arab Saudi Pencabutan persyaratan hijab hanyalah salah satu dari banyak perubahan bagi wanita Saudi di bawah Pangeran Mohammed, yang dinobatkan sebagai pewaris ayahnya yang berusia 86 tahun, Raja Salman, lima tahun lalu. 


Wanita Saudi tidak lagi dilarang mengikuti konser dan acara olahraga. 


Pada 2018, wanita Arab Saudi juga diperbolehkan mendapatkan hak untuk mengemudi. 


Kerajaan Saudi juga melonggarkan apa yang disebut aturan perwalian, yang berarti perempuan sekarang dapat memperoleh paspor dan bepergian ke luar negeri tanpa izin kerabat laki-laki. 


Meski begitu, reformasi semacam itu masih disertai dengan tindakan keras terhadap aktivis hak-hak perempuan, yang merupakan bagian dari kampanye yang lebih luas melawan perbedaan pendapat. 


Mendapatkan lebih banyak perempuan untuk bekerja, adalah komponen utama dari rencana reformasi Visi 2030 Pangeran MBS, untuk membuat Arab Saudi tidak terlalu bergantung pada minyak. 


Rencana tersebut awalnya menyerukan agar perempuan menyumbang 30 persen dari angkatan kerja pada akhir dekade ini. “Tetapi, angka itu sudah mencapai 36 persen,” kata Asisten Menteri Pariwisata Kerajaan Putri Haifa Al-Saud kepada Forum Ekonomi Dunia di Davos bulan lalu. 


"Kami melihat perempuan hari ini di setiap jenis pekerjaan," kata Putri Haifa, mencatat bahwa 42 persen usaha kecil dan menengah adalah milik perempuan.



Silakan Klik 

Mafaza-Store

Lengkapi Kebutuhan Anda



Share this article :

Posting Komentar