Minggu, 08 September 2019

Home » » Mardani Ali Sera Desak Presiden Segera Bentuk Satgas Khusus Papua

Mardani Ali Sera Desak Presiden Segera Bentuk Satgas Khusus Papua

Papua juga Merah-Putih, Butuh Pendekatan Kemanusiaan, Cinta dan Kasih Sayang

  • Mafaza-Online


Mardani Ali Sera
Mafaza-Online | Inisiator gerakan #KamiOposisi, Mardani Ali Sera, Jumat (30/8), mengharapkan penanganan krisis di Papua dan Papua Barat dengan pendekatan kemanusiaan, cinta dan kasih sayang. Ia menegaskan Papua, wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Penanganan krisis di Papua dan Papua Barat harus melalui pendekatan kemanusiaan, cinta dan kasih sayang karena Papua adalah merah putih,” kata Mardani.

Lebih lanjut pimpinan Komisi II DPR RI itu mendesak Presiden Jokowi segera membentuk satuan tugas (Satgas) khusus krisis papua. “Saya mendesak Pemerintah membentuk Satgas khusus yang dipimpin langsung oleh Bapak Wakil Presiden,” ujar Mardani.

Selanjutnya, Ia mengatakan satgas harus segera melakukan pendekatan kemanusiaan dalam upaya diplomasi mencari titik temu penyelesain krisis, “Menurut Saya krisis di papua yang terjadi sekarang adalah titik kulminasi (puncak) dari masalah sosial, ekonomi dan krisis kepecayaan diri yang dirasakan warga papua selama ini,” ujarnya.

Perlu upaya pendekatan kemanusiaan menangani krisis ini, “Selama ini pendekatan pemerintah menangani krisis di Papua masih lebih menggunakan pendekatan keamanan ketimbang kemanusiaan, cinta dan kasih sayang,” tutur Mardani.


Silakan Klik:

Ia juga berharap, Satgas Krisis Papua bisa melakukan dialog langsung kepada aktor-aktor yang menyulut krisis ini melalui pendekatan humanistik. Dalam hal ini dia menunjuk Jusuf Kalla punya pengalaman menyelesaikan masalah konflik di Aceh dan Ambon. 

"Saya yakin berdasarkan pengalaman Pak JK, bisa memimpin Satgas menyelesaikan masalah di Papua sesegera mungkin,” ujar Mardani.

Selain itu, Mardani mengatakan perlunya solusi pemekaran daerah sebagi upaya mendasar pemerataan pembangunan masalah ekonomi-sosial di Papua. 

“Saya mengusulkan pemekaran Provinsi Papua menjadi 7 Provinsi, dengan memberikan pelayanan sepenuh hati kepada Papua agar terus bangkit,” kata Mardani.


Anggota DPR asal Dapil Jakarta Timur mengutip selogan Martin Luther Jr:

“Returning hate for hate multiplies hate, adding deeper darkness to a night already devoid of stars. Darkness cannot drive out darkness; only light can do that. Hate cannot drive out hate; only love can do that. Hate multiplies hate, violence multiplies violence, and toughness multiplies toughness in a descending spiral of destruction.”

“Mengembalikan kebencian akan kembali melipatgandakan kebencian, menambah kegelapan yang lebih dalam pada malam tanpa bintang. Kegelapan tidak bisa mengusir kegelapan; hanya cahaya yang bisa melakukan itu. Benci tidak bisa mengusir kebencian; hanya cinta yang bisa melakukannya. Kebencian memperbanyak kebencian, kekerasan melipatgandakan kekerasan, dan ketangguhan melipatgandakan ketabahan dalam spiral kehancuran yang menurun.”


Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda


Share this article :

Posting Komentar