Jumat, 12 Juli 2019

Home » » Alat Canggih Ini Bisa Intip Isi Ponsel

Alat Canggih Ini Bisa Intip Isi Ponsel

Semua ponsel juga bisa dibaca meskipun histori penggunaannya telah dihapus

   
Celebrite Ufed Touch | InfoSurabaya
Mafaza
Online |
 Dalam puncak perayaan HUT ke-73 Bhayangkara di Jatim, ada pameran yang memperlihatkan alat-alat canggih milik kepolisian. Termasuk alat yang digunakan untuk melihat isi ponsel.

Alat pemeriksa isi ponsel tersebut bernama Celebrite Ufed Touch. Perangkat digital ini merupakan salah satu koleksi Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Cabang Surabaya.

Masyarakat kini diizinkan melihat alat tersebut dari dekat, yakni dalam pameran yang digelar dalam puncak Peringatan HUT ke 73 Bhayangkara. Pameran ini digelar di lapangan Makodam V/Brawijaya Surabaya, Rabu (10/7).

“Alat ini digunakan memeriksa isi ponsel,” kata Kepala Urusan Narkoba Forensik Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya AKP Yuli Khrisna di Makodam V/Brawijaya Surabaya, Kamis (11/7/2019).

Yuli memaparkan, perangkat digital buatan Inggris itu bisa mengakses semua aktivitas ponsel. Saat tersambung ke konektor, semua isi ponsel pun langsung bisa diakses melalui layar monitor laptop.

“Bahkan aktivitas yang sudah dihapus di ponsel,” imbuhnya.

Tak hanya itu, alat ini juga kerap digunakan untuk melakukan penyidikan suatu kasus. Semua ponsel juga bisa dibaca meskipun histori penggunaannya telah dihapus.

“Semua informasi dari ponsel bisa diakses melalui alat ini. Karena prinsipnya di semua ponsel saat nomor ponsel diregistrasi, semua aktivitas pasti bisa diakses,” lanjut Yuli.

Semua peralatan di Labfor Polri ini merupakan peralatan yang mendukung kinerja penyidikan polisi dengan pendekatan scientific crime investigation. 

Tak hanya alat pendeteksi ponsel, Polda Jatim juga memamerkan alat-alat canggih lain. Misalnya gas detector untuk mendeteksi aroma gas, perangkat pemeriksa uang palsu, pemeriksa jenis narkoba, hingga perangkat pemeriksa serpihan bom bernama Sabre 4000 dan FT IR.

“Alat ini digunakan untuk mendeteksi serpihan bom yang diledakkan di sejumlah lokasi di Surabaya beberapa waktu lalu,” pungkasnya.

Namun Yuli mengatakan alat yang dipamerkan hanya sebagian. Pasalnya di Mapolda Jatim masih banyak alat berukuran besar yang canggih-canggih.


Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda






Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Alat Canggih Ini Bisa Intip Isi Ponsel . All Rights Reserved