Sabtu, 27 Mei 2017

Home » » Deddy Mizwar Ingatkan Lippo Soal Tata Ruang Proyek Meikarta

Deddy Mizwar Ingatkan Lippo Soal Tata Ruang Proyek Meikarta

  
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar
Mafaza
-Online |
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, proyek properti Lippo Group, Meikarta di Kabupaten Bekasi diminta terintegrasi dengan tata ruang metropolitan Bodebekarpur (Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Puncak Cianjur). 

“Jangan sampai pembangunan di beberapa tempat secara sporadis justru secara tata ruang malah merusak bagian-bagian lain,” kata dia setelah bertemu Presiden Direktur Lippo Group Theo L Sambuaga di ruangannya di Gedung Sate, Bandung, Jumat, 26 Mei 2017.

Deddy mengatakan, kedatangan perwakilan Lippo Group itu untuk berkonsultasi soal rencana proyek properti kelompok usaha itu di Kabupaten Bekasi . “Kami apresiasi pada pihak Meikarta untuk mengkonsultasikan soal ini, karena memang berkaitan dengan Perda 12 tahun 2014 (tentang Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Metropolitan dan Pusat Pertumbuhan),” kata dia.

Menurut Deddy, pihak Lippo Group bersedia melakukan penyesuaian agar pengembangan kota baru di Bekasi itu tidak menabrak aturan tata ruang dalam konteks pengembangan metropolitan. Dalam Perda 12 tahun 2014 itu, pemerintah Jawa Barat menetapkan ada sejumlah lokasi pengembangan metropolitan, salah satunya Bodebekarpur yang dirancang menjadi pengimbang Jakarta. 

“Kita sesuaikan bagaimana konsep menyeluruh tentang tata ruang Bodebekarpur jangan sampai tumpang-tindih. Saya kira tinggal sinkronisasi saja,” kata dia.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Sekretariat Daerah Jawa Barat, Deny Juanda Puradimaja mengatakan, pembangunan di wilayah yang ditetapkan sebagai bagian satu metropolitan dalam Perda 12/2014 itu harus terintegrasi. “Sekarang ini kan orang membangun sendiri-sendiri, nah ini harusnya dalam satu skema besar. Jadi ditata sedemikian rupa dalam skema (metropolitan) Bodebekarpur,” kata dia, Jumat, 26 Mei 2017.

Deny mengatakan, metropolitan Bodebekarpur itu satu kawasan metropolitan dengan dicirikan kawasan industri. Mayoritas industri manufaktur Indonesia misalnya berada di Jawa Barat, sebagian besar berada di Kabupaten Bekasi. “Sekarang terus berkembang hingga sampai ke sebagian Purwakarta,” kata dia.

Menurut Deny, pemerintah provinsi akan mengkaji proyek properti Meikarta yang tengah disiapkan Lipppo Group itu di Bekasi. “Harapannya Meikarta itu salah satu perwujudan dari Bodebekarpur, kalau itu bagus. Kalau belum, akan di arahkan ke sana, untuk mensuport kawasan industri,” kata dia. 

“Bodebekarpur sebagai penciri kawasan industri manufaktur Indonesia, di situ harus ada kampus, lembaga risetnya, jadi bukan hanya gedung-gedung itu.”

Presiden Direktur Lippo Group Theo L Sambuaga mengatakan, sengaja menemui Wakil Gubernur Deddy Mizwar untuk melaporkan perkembangan proyek Meikarta tersebut. “Kami mendapat arahan bagaimana kami mengkoordinasikan ini dengan perencanan Pemprov Jabar sesuai Perda 12/2014 mengenai metropolitan, kemudian mengenai penataan ruang secara keseluruhan, dan kami siap. Siap untuk mengkoordinasikannya,” kata dia, Jumat, 24 Mei 2017.

Mantan Menteri Perumahan Rakyat itu mengatakan, pihaknya bersedia menyesuaikan proyek itu agar terintegrasi dengan rencana metropolitan yang dirancang pemerintah provinsi. “Perda pemprov Jabar ini ada yang mengatur area yang menjadi metropolitan yang semuanya harus disinergikan, disinkronkan, nah kita sudah tentu siap. Karena perencanaan kami sudah mulai dari tahun 2012, mulai dari Orange County, berkembang menjadi sekarang ada Perda 12/2-14 yang memerlukan sinkronisasi, kami siap,” kata dia.

Menurut Theo, Lippo Group baru mengumumkan rencana proyek properti Meikarta itu. “Kita baru umumkan, sekarang ini sudah di lapangan khusus mengalokasikan lahan ini lokasi ini untuk perumahan, taman, tower, dan tentu kami siapkan untuk universitas, sarana pendidikan, semua fasos dan fasum kami siapkan di situ. Sementara ini yang sudah disiapkan sekitar 130-140 hektare, selanjutnya akan berkembang terus sampai ke kawasan 500 hektare,” kata dia.

TEMPO.CO


Sebelumnya: 


Silakan klik:
                                                         Lengkapi Kebutuhan Anda
Share this article :

Posting Komentar