Senin, 14 November 2016

Home » » Spirit Perjuangan KH As'ad Syamsul Arifin Harus Diteladani

Spirit Perjuangan KH As'ad Syamsul Arifin Harus Diteladani

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) asal Situbondo ini berhasil menggerakkan rakyat dan santrinya dari Jawa Timur saat pertempuran 10 November 1945 di Surabaya

  
Mafaza-Online | Presiden Joko Widodo memberikan anugerah gelar Pahlawan Nasional kepada KH R. As'ad Syamsul Arifin di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (9/10/2016). Tahun ini pemerintah memberikan gelar Pahlawan Nasional hanya kepada satu orang jelang Hari Pahlawan 10 November 2016.

Ketua Bidang Humas DPP PKS Dedi Supriadi mengapresiasi gelar Pahlawan Nasional yang ditujukan bagi KH.R. As'ad Syamsul Arifin. Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) asal Situbondo ini berhasil menggerakkan rakyat dan santrinya dari Jawa Timur saat pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Dedi menyebut generasi saat ini harus mencontoh keteladanan KH As'ad Syamsul. Sosok KH As'ad Syamsul adalah sosok ulama sekaligus pejuang nyata bagi kepentingan bangsa.


"Perjuangan Kyai As'ad Syamsul sebagai pemimpin spiritual sekaligus pejuang harus jadi spirit generasi Indonesia hari ini," papar dia di kantor DPP PKS Jln TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2016).

Peran ulama termasuk KH As'ad Syamsul dalam pejuangan kemerdekaan sangat besar. Peran ini, ujar Dedi, seyogianya diteruskan oleh elemen umat untuk terus memperjuangkan cita-cita bangsa dalam bingkai NKRI. "Setiap orang bisa menjadi pahlawan dengan berkhidmat yang terbaik untuk sekitarnya. Selamat Hari Pahlawan!" tutup Dedi.

KH As'ad Syamsul Arifin lahir di Makkah pada 1897. Setelah pulang ke Indonesia Kyai As'ad mendirikan Pesantren Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah, Situbondo.

KH As'ad Syamsul Arifin berperan besar dalam menggerakkan rakyat dan santri dari Jawa Timur untuk menyambut resolusi jihad pada pertempuran 10 November. Kyai As'ad juga membentuk laskar Sabilillah dan Hizbullah di wilayah Keresidenan Besuki sebagai bentuk perjuangan melawan penjajah.

Telah Terbit Majalah 
Majalah GeSIT
Gema Sekolah Islam Terpadu
Untuk berlangganan bisa hubungi Ibu Ani
WA: 0856 0216 5406
Bp Zen : 083840312024
Harga Rp 10.000 (plus ongkir)


Sebelumnya:


Silakan klik:
                                                         Lengkapi Kebutuhan Anda

 
Share this article :

Posting Komentar