Jumat, 19 Agustus 2016

Home » » Cadar Sudah Lama dikenakan di NTB

Cadar Sudah Lama dikenakan di NTB

Hijab dan Cadar, Inilah Pakaian Adat di Nusa Tenggara Barat
Mafaza-Online| Pakaian menutup aurat bagi para Muslimah seperti hijab Syar’i yang saat ini dikenal ternyata sudah ada sejak zaman dahulu di Nusa Tenggara Barat, bahkan sudah menjadi tradisi dan budaya yang terus dilestarikan. Pakaian adat tersebut bernama Rimpu, dikenakan para Muslimah Bima dan Dompu ketika keluar rumah.

Ada 2 jenis Rimpu, yaitu Rimpu Mpida dan Rimpu Colo. Rimpu Mpida adalah Rimpu yang ada cadarnya, menutupi wajah, diperuntukan bagi yang belum menikah. Sedangkan Rimpu Colo adalah Rimpu yang tiada cadar (terbuka wajahnya), dikenakan oleh ibu-ibu atau mereka yang sudah menikah.

Rimpu menggunakan sarung khas Bima (Tembe Nggoli) yang terdiri dari 2 lembar (dua ndo`o) sarung. Kedua sarung tersebut untuk bagian bawah dan bagian atas.
Ikatan Istri Wakil Rakyat Kabupaten Dompu NTB Menggunakan Rimpu
Sarung yang dipakai ini dalam kalangan masyarakat Bima dikenal sebagai Tembe Nggoli (Sarung Songket). Kafa Mpida (Benang Kapas) yang dipintal sendiri melalui tenunan khas Bima yang dikenal dengan Muna.

Sarung songket memiliki beberapa motif yang indah. Motif-motif sarung songket tersebut meliputi nggusu waru (bunga bersudut delapan), weri (bersudut empat mirip kue wajik), wunta cengke (bunga cengkeh), kakando (rebung), bunga satako (bunga setangkai), sarung nggoli (yang bahan bakunya memakai benang rayon).

ISLAMEDIA|AZ


MOIIA Silky Pudding

Barangkali ada yang pernah liat...

Terus lupa siapa yg jual πŸ˜ 

πŸ’₯Yes..I'm here πŸ˜ƒ 

⇩⇩⇩

Silakan Klik:




Silakan klik:
                                                         Lengkapi Kebutuhan Anda



Share this article :

+ komentar + 1 comment

Anonim
16 Desember 2018 pukul 09.51

Subhanalloh

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Cadar Sudah Lama dikenakan di NTB

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Cadar Sudah Lama dikenakan di NTB . All Rights Reserved