Rabu, 30 Oktober 2013

Home » » Jejak Dagang Rasulullah saw

Jejak Dagang Rasulullah saw

http://mafaza-store.blogspot.com/2013/08/beginilah-rasulullah-berbisnis.html
Bisnis dagang Rasulullah saw secara mandiri baru dimulai ketika dia mencapai usia remaja

Mafaza-Online.Com | EKONOMI -  Sang uswatun khasanah, Rasulullah saw, merupakan seorang pedagang ulung. Hidup di tengah keluarga pedagang membuatnya terlibat dalam perdagangan sejak usia belia.

Shafiyyur-Rahman al-Mubarakfurry dalam Sirah Nabawiyyah menyebutkan, saat itu usia Nabi saw baru bekisar 12 tahun. Dia turut serta dalam perjalanan dagang pamannya, Abu Thalib.

Inilah perjalanan dagang pertama Muhammad SAW. Pada perjalanan inilah terjadi sebuah pertemuan nabi dengan rahib Nasrani yang mengenalinya sebagai bakal utusan Allah yang terakhir.

Bisnis dagang Rasulullah saw secara mandiri baru dimulai ketika dia mencapai usia remaja. Rasulullah SAW berdagang bersama As-Saib bin Abus-Saib yang merupakan rekanan terbaik, tidak pernah saling curang dan saling berselisih.

Al Mubarakfury menyebutkan, dalam berdagang, nabi dikenal dengan setinggi-tingginya nilai amanah, nilai kejujuran, dan sikap menjaga kehormatan diri. Inilah karakternya di segenap sisi kehidupannya, hingga diberi gelar al-Amin.

Usaha perdagangan Rasulullah saw pun tidak main-main. Dia terlibat dalam perdagangan internasional sejak remaja. Di usia 17 tahun, Muhammad saw telah memimpin sebuah ekspedisi perdagangan ke luar negeri.

Afzalur Rahman dalam buku Muhammad A Trader menyebutkan, reputasi Rasulullah saw dalam dunia bisnis demikian bagus, sehingga dia dikenal luas di Yaman, Syiria, Yordania, Irak, Basrah, dan kota-kota perdagangan lainnya di jazirah Arab.

Afzalur Rahman juga mencatat, dalam ekspedisi perdagangannya Muhammad saw telah mengarungi 17 negara ketika itu, sebuah aktivitas perdagangan yang luar biasa.

Kesuksesan bisnis Rasulullah saw pun makin cemerleng ketika  dia bertemu Ummul Mukminin Khadijah. Sebelum mempersunting Khadijah, Rasulullah merupakan rekan bisnis Khadijah.

Buku Khadijah: The True Love Story of Muhammad mengisahkan, suatu hari Khadijah mendengar kabar tentang pemuda yang sangat terpercaya di kalangan Arab, dialah Rasulullah Muhammad saw.

Tertarik menjadikan pemuda itu karyawannya, Khadijah pun memanggilnya. Muhammad pun menerima tawaran Khadijah dengan senang hati.

Khadijah pun mengirim Muhammad sebagai pemimpin kafilah dagang ke negeri Syam. Seorang budak kepercayaan Khadijah bernama Maysarah pun ikut serta dalam kafilah tersebut.

Menurut Maysarah, selama ia mengikuti kafilah dagang Muhammad, ia melihat dua malaikat membawa awan di atas kepalanya untuk melindunginya dari terik matahari. Di tangan Muhammad, hasil perdagangan mengalami peningkatan.

Bisnis Khadijah di negeri Syam pun semakin besar, laba yang dihasilkan meningkat tajam. Keputusan Khadijah memilih Muhammad sebagai tangan kanan bisnisnya menjadi keputusan tepat. Ia pun terus bermitra dengan Muhammad dalam menjalankan bisnis tersebut.

Profesi sebagai pedagang ditekuni Muhammad sampai dia diangkat menjadi nabi dan rasul di usia yang ke- 40. Muhammad Sulaiman PhD dan Aizuddinur Zakaria dalam Jejak Bisnis Rasul mencatat pengalaman kerja Rasulullah saw sebagai berikut.

Usia delapan sampai 12 tahun menggembala domba, usia 12 tahun ikut berdagang ke negeri Syam dengan rombongan pamannya, Abu Thalib. Usia 25 tahun, menjadi pengelola perdagangan Siti Khadijah yang berangkat ke negeri Syam. Usia 40-63 menjadi rasul. (rol)


Silakan di Klik:
Beginilah Rasulullah saw Berbisnis

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Jejak Dagang Rasulullah saw . All Rights Reserved