Selasa, 12 Mei 2020

Home » » KULIAH SUBUH Ustadz Aka Bonanza: Jangan Jauhi Ulama atau Bala Menimpa

KULIAH SUBUH Ustadz Aka Bonanza: Jangan Jauhi Ulama atau Bala Menimpa

Petikan Kuliah Subuh Ust Aka Bonanza   di Masjid Besar Al Hidayah Pamipiran, Pagarsari, Pagerageung, Selasa (12/05/2020)
   
Petikan Kuliah Subuh Ust Aka Bonanza di Masjid Besar Al Hidayah Pamipiran, Pagarsari, Pagerageung, Selasa (12/05/2020)

MafazaOnline |  Marilah perbanyak syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat-Nya. Hingga Ramadhan ini, kita masih bisa melaksanakan ibadah berjamaah; kuliah Subuh dan ibadah-ibadah lainnya.

Makna lebaran itu bukan baju baru, tapi diperbaharuinya hati (iman) seseorang. Apalagi hari ini sudah memasuki segmen terakhir di sepuluh hari kedua Ramadhan. Para shoimin tengah menuju etape sepuluh hari terakhir Ramadhan.

Apakah Keimanan kita sudah bertambah, masih stagnan atau bahkan turun. Mudah-mudahan senantiasa bertambah. Aamiiin yaa rabbal alamiiin.

Dalam kitab Nashaihul Ibad Karangan imam Nawawi Al Bantani, Rasulullah ﷺ bersabda:

سَيَـْٔتِيْ زَمَنٌ عَلَى اُمَّتِيْ يَفِرُّوْنَ مِنَ الْعُلَمَاء وَالْفُقَهَا

Akan datang suatu masa, umatku menjauh dari ulama

Jika Umat sudah jauh dari Ulama, maka Allah SWT akan menurunkan Tiga Bala (Musibah), yaitu:

١. يَرْفَعُ اللّٰهُ الْبَرَكَةُ مِنْ كَسْبِهِمْ

Pertama, Allah Mengangkat Keberkahan Rizkinya.

Makna Berkah: زِيَادَةُ الْخَيْر  ”Bertambahnya kebaikan”. Adapun melimpahnya harta tidak sertamerta menandakan itu sebuah keberkahan. Harta berkah itu, harta yang tidak menggangu ibadah. Harta itu bahkan menjadi alat untuk berjuang di jalan Allah SWT.

Makna rezeki itu bukan hanya uang, badan yang sehat juga rezeki. Dimasa Pandemi Covid-19 ini bagi yang sehat, tapi tidak membantu orang lain yang kesusahan, itu tanda ketidakberkahan.

٢. يُصَلِّةُ الله تعالى عَلَيْهِم سُلْطَانً ظَالِمًا

Kedua, Allah SWT akan memberikan pemimpin yang zalim, dalam arti pemimpin yang mengkhianati rakyat.

Arti Pemimpin disini bukan hanya Presiden saja, tapi sampai pada elemen terbawah seperti Ketua RT.

Maka ketika umat sudah jauh dari ulama, Allah SWT turunkan pemimpin yang Zalim. Korupsi merajalela, kemaksiatan dimana-mana, bahkan saat masyarakat menjerit membutuhkan perhatian dan bantuan dari pemimpin, justru terabaikan.

٣. يَخْرُجُوْنَ مِنَ الدُّنْيَا بِغَيْرِ اِيْمَانِ

Ketiga, Diwafatkan dalam Keadaan Tidak Membawa Iman

Poin ketiga ini, musibah paling dahsyat bagi umat, maka minta-lah nasihat dari Ulama, Mursyid atau Ustadz. Agar senantiasa dalam keberkahan.

RAMADAN Bulan Evaluasi

Ramadhan ini harus banyak mengevaluasi diri. Apakah ibadah kita meningkat atau turun? Sehingga saat tiba Idul Fitri, kita dalam kondisi suci. Kita sukses melewati tahapan pembersihan Ramadhan.

Sebelum Idul Fitri, kita akan memasuki tahapan Final di Sepuluh akhir Ramadhan yaitu pada Malam Lailatul Qadar. Maka, bersiaplah dengan memperbanyak ibadah agar mendapat kemuliaan Malam Lailatul Qadar.

Akan tetapi, jangan sampai hanya beribadah pada malam Lailatul Qadar saja, sedangkan malam-malam lainnya tidak. Konsepnya seperti pertandingan sepakbola, untuk menuju grand final harus melewati babak penyisihan.

Mudah-mudahan kita mendapatkan kemuliaan di Malam puncak Lailatul Qadar. Aamiiin yaa rabbal alamiiin…. ۝  

Aka Bonanza |  Muhammad Irfan

Silakan Klik
Lengkapi Kebutuhan Anda


Share this article :

Posting Komentar