Kamis, 09 April 2020

Home » » Madrasah Ruhaniah

Madrasah Ruhaniah

Kontribusi terbesar Murid adalah tidak memberi Qadhaya (masalah) kepada Guru

Santri Pondok Pesantren Tarekat Idrisiyyah
Mafaza-Online | Ibarat di dunia Pendidikan Murid murid Syekh Mursyid itu secara ruhani bermacam Tingkatannya:

UNIVERSITAS Ada yang Professor atau Mahasiswa, selain ilmunya tinggi juga sudah melakukan berbagai macam penelitian baik di laboratorium maupun secara data2 empiris di lapangan. Kita bisa belajar dari ilmu dan pengalaman penelitiannya.

SEKOLAH Ada juga yang masih sekolah, istilahnya Remaja, Millenial. Sebagaimana sifat remaja, masih hijau bau kencur. Masih suka tanya dan ada jiwa2 kritis. Pemberontak tapi kalau sudah kepentok, baru kapok. Mereka menamakan Geng-nya ABABIL, Abege – Baperan – Labil.

Karena sudah dianggap besar, sudah bisa disuruh; Tapi masih polos semua perintah ditelan bulat2 . Cirinya, kalau ditegur masih suka berlindung atau atas kalimat perintah.   Ibaratnya disuruh ke pasar, masih harus pegang catetan daftar belanja:  

“Kok jeruknya kek gini?!” kata Emak sepulang tuh anak dari Pasar.

“Kan Emak yang nyuruh beli di warung pojok itu, murah!”

“Ya Alloh Neng Geulis / Ujang Kasep, masak ga milih-milih dulu dikasi jeruk busuk diterima aja. Iya emak yang nyuruh tapi kan kamu harusnya bla bla bla .....!”

TAMAN KANAK-KANAK Ada juga yang masih TK, PAUD masih suka dikasih iming-iming. Senang banget kalo bisa diajak jalan-jalan. Nah, Saya yang nulis masih setingkat ini. Senang banget dikasi jam sama Syekh, apalagi diajak jalan-jalan. Tapi, lupa maksudnya. Padahal dikasih jam itu,  supaya inget waktu, agenda dan kerjaan kelar. Diajak jalan baru deh imannya semangat ditinggal mewek. Tapi masih untunglah punya Guru dan bisa sekolah.

Bayangkanlah betapa sibuknya Guru Mursyid kita, hadir membimbing di setiap Hati murid-muridnya. Jadi jangan berpikir macam-macam. Kontribusi terbesar Murid adalah tidak memberi Qadhaya (masalah) kepada Guru. Itu saja, cukuplah.    

Agar naik kelas maka: 
وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra’: 79)

Silakan Klik:


Share this article :

Posting Komentar