Selasa, 07 Mei 2019

Home » » MOUNTABLE, Sahabat Pendaki Gunung

MOUNTABLE, Sahabat Pendaki Gunung

Alat ini dapat berfungsi sebagai sistem pemantauan, komunikasi, dan informasi di area tanpa sinyal seluler dan tanpa internet, khususnya pada area pendakian gunung

   
Ilustrasi Mendaki Gunung Lawu Jawa Tengah | Mafaza-Online   
Mafaza
-Online |
Sivitas Akademika Universitas Indonesia (UI) kembali menghadirkan inovasi, kali ini menghadirkan alat berbasis teknologi yang memudahkan pendaki gunung untuk saling berkomunikasi. 

Empat orang sivitas akademika UI yang merupakan peneliti dan pengajar di Fakultas Teknik UI (FTUI) tersebut, menciptakan Mountable (Smart Monitoring and Emergency System Using Internet of Things in Mountaineering Area). Alat ini dapat berfungsi sebagai sistem pemantauan, komunikasi, dan informasi di area tanpa sinyal seluler dan tanpa internet, khususnya pada area pendakian gunung.

Mountable merupakan satu-satunya penyedia jasa keamanan dan keselamatan pendakian di Indonesia yang memanfaatkan teknologi. Mountable berhasil meraih penghargaan medali Emas dalam ajang Indonesian International Invention Festival 2019 yang berlangsung pada 22 – 25 April 2019 di Malang, Jawa Timur.

Keempat siva UI tersebut adalah Valda Orchidea Zahwa, Yudha Dwiputra, Kalamullah Ramli, dan Yohan Suryanto. Sistem Mountable telah dipakai oleh 55 pendaki setiap pekannya dan telah menyelamatkan 9 pendaki yang terjebak badai di Gunung Sumbing. 

Pada dasarnya, Mountable dikembangkan berbasis IoT (Internet of Things) dengan sistem yang terdiri atas tracking tools, pemancar sinyal, website, dan aplikasi. Seluruh sistem tersebut terintegrasi menggunakan jaringan LoRa (Long Range), yaitu teknologi nirkabel yang memiliki cakupan luas (Wireless Wide Area Network) dengan konsumsi power yang kecil, sehingga memiliki ketahanan baterai hingga 2 bulan.

Jika dibandingkan alat komunikasi seperti HT/Walkie Talkie/dan sejenisnya, Mountable memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya menggunakan teknologi Internet of Things sehingga biaya produksi dan biaya operasional jauh lebih murah dibandingkan semua produk sejenis yang menggunakan komunikasi satelit. 

   
Mountable juga memiliki fitur penunjuk arah, tracking dan monitoring pendaki, emergency system ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, pendeteksi cuaca, real time sistem dan group tracking untuk mengetahui jika ada anggota dari grup yang terpisah. Selain itu, Mountable juga portable dan mudah dibawa.

Valda menuturkan, “Kami memiliki visi untuk meningkatkan keamanan pada area pendakian gunung serta menjadikan gunung sebagai wisata dan olahraga yang aman bagi semua orang." 

Indonesia, masih kata Valda, memiliki sejumlah gunung berapi dengan potensi wisata yang sangat besar baik bagi turis lokal maupun mancanegara. Untuk itu, peningkatan keamanan pada pendakian menjadi prioritas. "Mountable dapat menjadi daya jual tersendiri bagi wisata pendakian di Indonesia,”


Diharapkan karya inovatif Siva UI ini dapat turut menuntaskan hambatan yang dialami pendaki di antaranya tersesat, kecelakaan, dan hal fatal lainnya serta sulitnya komunikasi yang dilakukan di area gunung. Selain itu, dapat terus mendorong pengelolaan sistem pendakian gunung yang masih konvensional menjadi lebih hi-tech sehingga dapat meningkatkan pengalaman wisatawan (user experience) dan turut berperan dalam leisure economy di Indonesia.


Yemo L Wakulu Anggota Wanadri
Yemo L Wakulu (Anggota Wanadri)

MEMINIMALKAN RISIKO


Mountable sangat bermanfaat bagi kegiatan outdoor.

Dapat meminimalkan rIsiko hilang di gunung maupun hutan.

Kalaupun tetap terjadi, akan memudahkan tim SAR untuk melakukan pertolongan. Karena kecepatan mengetahui posisi survivor, sangat menentukan dalam mekakukan pertolongan.

Bagusnya juga alat ini bisa dilakukan pra bayar (untuk akses internet nya), jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Pada provider lain, bayarannya dilakukan per bulan. 









Share this article :

+ komentar + 1 comment

21 Mei 2019 pukul 18.54

Alhamdulillah
JasamuAbadi

Terimakasih R atas Komentarnya di MOUNTABLE, Sahabat Pendaki Gunung

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: MOUNTABLE, Sahabat Pendaki Gunung . All Rights Reserved