Senin, 28 November 2016

Home » » Buktikan Kualitas, Sekolah Islam Terpadu Dominasi Pemenang Lomba Nasional Budaya Mutu SD

Buktikan Kualitas, Sekolah Islam Terpadu Dominasi Pemenang Lomba Nasional Budaya Mutu SD

Kegiatan Nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini menjadi ajang pembuktian eksistensi kualitas sekolah secara nasional
 
  
(Foto: Abdul Hakim)
Mafaza-Online |  Pemenang Lomba Grand Final Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional ke-3 Tahun 2016 pada 11-15 Oktober 2016 di Balikpapan telah diumumkan. Kegiatan Nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini menjadi ajang pembuktian eksistensi kualitas sekolah secara nasional, sekaligus menyampaikan kepada masyarakat luas sekolah-sekolah yang memiliki budaya mutu terbaik.

Hasilnya, sebanyak 9 Sekolah Islam Terpadu di bawah ‘payung’ Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia menjadi sekolah terbaik mutunya yang mewakili Provinsi masing-masing dalam ajang bergengsi ini. Bahkan SDIT Nurul Fikri, Cimanggis, Depok-Jawa Barat yang merupakan ikon SIT nasional, karena berdiri paling awal dinobatkan menjadi Juara Pertama komponen Pembelajaran dalam Grand Final tersebut.

Sekolah-sekolah JSIT lainnya yang mewakili Provinsi pada Lomba Grand Final Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional ke-3 sebagai berikut: SDIT NURUL FIKRI – Depok, Cimanggis, Jawa Barat; SDIT Nurul Ishlah – Nangroe Aceh Darussalam; SDIT Ukhuwah – Banjarmasin; SDIT Nurul Ilmi – Jambi; SDIT Nurul Ilmi – Kutai Kartanegara; SDIT Ihsanul Amal – Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan; SDIT Alfityan – Gowa, Sulawesi Selatan; SDIT Iqro 2 – Bengkulu; SDIT Bustanul Ulum – Terbanggi Besar, Lampung Tengah.

Pada pengumuman lomba Grand Final Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional ke-3 Tahun 2016 tersebut, Sekolah Islam Terpadu mendominasi sebagai Juara. Hasilnya adalah sebagai berikut:

  • SDIT Nurul Fikri, Depok Jawa Barat meraih Juara 1 Komponen Budaya Mutu Pembelajaran Intrakurikuler
  • SDIT Nurul Ilmi, Kukar meraih Juara 2 Komponen Budaya mutu Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan SDBS
  • SDIT Nurul Ilmi, Jambi meraih Juara 3 Komponen Budaya Mutu Pembelajaran Intrakurikuler
  • SDIT Iqro 2, Bengkulu meraih Juara 3 komponen Budaya mutu Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan SDBS
  • SDIT Ukhuwah, Banjarmasin meraih Juara 3 Komponen Budaya Mutu pembelajaran Eksrakurikuler
  • SDIT Bustanul Ulum, Lampung Tengah meraih Juara Harapan 3 Komponen Budaya mutu Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan SDBS

  
(Foto: Abdul Hakim)
Inti dari sekolah dasar budaya mutu adalah sekolah dasar yang memberikan layanan prima yang merefleksikan budaya mutu. Budaya mutu merupakan pelaksanaan dari aturan dan tata tertib yang disepakati oleh warga sekolah, dihayati dan dilakukan terus menerus sehingga menjadi sebuah kebiasaan.

Kebiasaan baik yang melembaga muaranya adalah terbentuknya karakter peserta didik lebih luasnya tercermin pada tujuan pendidikan Nasional yaitu meningkatkan mutu manusia Indonesia yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab dan produktif, serta sehat jasmani dan rohani (UU Sisdiknas, 2003).

Dalam lomba Budaya mutu Sekolah Dasar (SD), penilaian difokuskan pada mutu pendidikan secara keseluruhan (whole school), dengan tetap memberikan apresiasi kepada sekolah yang memperlihatkan katagori tertentu dari mutu yang dinilai. Kategori ini mencakup (1) budaya mutu pembelajaran intrakurikuler, (2) budaya mutu pembelajaran ekstrakurikuler, (3) budaya mutu MBS dan SDBS serta (4) budaya mutu pengelolaan perpustakaan sekolah.

Lolosnya beberapa Sekolah Islam Terpadu (SIT) pada Grand Final Budaya Mutu di sekolah Dasar Tingkat Nasional ke-3 Tahun 2016 ini sekaligus membuktikan bahwa Sekolah Islam Terpadu memiliki kualitas yang membanggakan. Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia berhasil melakukan peningkatan budaya mutu bagi sekolah-sekolah anggotanya.

Eksistensi sekolah-sekolah Islam Terpadu secara nasional semakin berada pada posisi yang sangat membanggakan. Inilah bukti bahwa sekolah Islam Terpadu di bawah JSIT Indonesia bermutu, dan berbanding lurus mengapa Sekolah Islam terpadu semakin dilirik masyarakat. 



Sebelumnya:
Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda
Share this article :

Posting Komentar