Senin, 07 Maret 2016

Home » » Pindah ke Kota 'Dingin' kena Sinusitis

Pindah ke Kota 'Dingin' kena Sinusitis

Diasuh Oleh : dr. Nurul Amalia
Assalamualaikum wr. wb.

Apakah sinusitis itu? Apa penyebabnya? Dulu saya pernah tinggal di Jakarta dan tidak mengalami sinusitis, tapi begitu pindah ke Magelang yang cenderung dingin sejuk udaranya hidung saya langsung meler terus. Apakah benar tinggal di udara dingin bisa terkena sinusitis. Atau karena faktor  lain?
Pertanyaan ibu Yayuk dari MI Secang

Waalaikumussalam wr. wb.
Ibu Yayuk yang kami hormati, Sinusitis adalah proses peradangan atau infeksi dari satu atau lebih membran mukosa sinus paranasal. Sinus paranasal adalah rongga di dalam tulang kepala yang terletak disekitar hidung dan mempunyai hubungan dengan rongga hidung melalui ostiumnya (lubang penghubung).

Penyebab sinusitis antaralain: - Infeksi jamur, virus, atau bakteri pada daerah sinus paranasal.

- Alergi yang lama kelamaan dapat mengiritasi dari sinus tersebut.

- Deviasi septum nasi (kelainan anatomi sekat rongga hidung). Hal ini akan membatasi atau memblok aliran sinus, menciptakan lingkungan untuk infeksi.

- Polip nasal. Pertumbuhan jaringan lunak ini mungkin membatasi aliran nasal, memperlambat drainase sehingga infeksi berkembang.

- Kondisi sakit yang lain. Penderita cystic fibrosis atau HIV dan penyakit defisiensi imun.

Benar Bu, salah satu penyebabnya cuaca. Sinusitis erat kaitannya dengan faktor lingkungan. Faktor cuaca dapat menyebabkan sinusitis. Cuaca dingin dapat menyebabkan kerentanan terjadinya alergi. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa salah satu penyebab sinusitis adalah alergi di mana alergi ini sendiri dapat menyebabkan suatu keadaan yang kita sebut rhinitis alergi yang akhirnya dapat memicu timbulnya sinusitis.

Maka tidak heran perbedaan cuaca antardaerah, dari daerah dengan suhu panas dan berpindah ke daerah yang bersuhu lebih dingin akan sangat berpengaruh terhadap terjadinya sinusitis.



Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda
Share this article :

Posting Komentar