Senin, 07 Maret 2016

Home » » HIPERTENSI “The Silent Killer”

HIPERTENSI “The Silent Killer”


Hipertensi adalah keadaan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan diastolik lebih dari 90 mmHg

Oleh : dr. Ari Kurniawan


dr. Ari Kurniawan
Mafaza-Online | KESEHATAN - Tentu sudah tidak asing lagi ditelinga, bahwa hipertensi adalah penyakit darah tinggi. Lantas benarkah? Mungkin hanya itu saja yang kita ketahui. Lalu apa sebenarnya hipertensi itu? Hipertensi adalah keadaan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan diastolik lebih dari 90 mmHg. 

Tekanan darah diukur dengan alat pengukur tensi yang disebut spygmomanometer yang telah dikalibrasi dengan tepat.

Gejala Hipertensi
Hipertensi kadang tidak menimbulkan gejala yang berarti. Biasanya hanya ditandai dengan rasa pusing, badan terasa ringan bahkan sering tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun, gejala akan berlanjut untuk suatu target organ, seperti stroke untuk otak, penyakit jantung koroner untuk pembuluh darah jantung dan untuk otot jantung. Tidak heran jika hipertensi disebut sebagai “The Silent Killer”.
Penyakit ini telah menjadi masalah utama dalam kesehatan masyarakat yang ada di Indonesia maupun di beberapa negara yang ada di dunia. Semakin meningkatnya populasi usia lanjut maka jumlah pasien dengan hipertensi kemungkinan besar juga akan bertambah.

Komplikasi
Hipertensi merupakan faktor risiko utama untuk terjadinya penyakit jantung, gagal jantung kongesif, stroke, gangguan penglihatan dan penyakit ginjal. Hipertensi yang tidak diobati akan mempengaruhi semua sistem organ dan akhirnya memperpendek harapan hidup sebesar 10-20 tahun.

  
Pencegahan
Hipertensi dapat kita cegah sejak dini dengan cara-cara sederhana, seperti:

a. Menurunkan berat badan pada orang dengan berat badan berlebih.

b. Meningkatkan aktifitas fisik antara 30-45 menit sebanyak >3x/hari.

c. Mengurangi asupan garam berlebih.

d. Menurunkan konsumsi kafein dan alkohol

e. Menghindari makanan yang terlalu berlemak dan mengandung kolestrol tinggi

Jika Anda terlanjur terdeteksi menderita darah tinggi, hubungi segera tenaga kesehatan terdekat. Minum obat teratur sesuai resep dokter dan jangan putus dalam mengontrol tekanan darah .

Ingatlah! Saat Anda telah menkonsumsi obat dan Anda merasa baik dan nyaman kemuadian Anda malas untuk mengontrol tekanan darah Anda, maka hipertensi akan perlahan-lahan membunuh Anda.





Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda
Share this article :

Posting Komentar