Selasa, 29 Maret 2016

Home » » 8 Kebiasaan yang Ternyata Bisa Tolak Rezeki

8 Kebiasaan yang Ternyata Bisa Tolak Rezeki

Rezeki itu tidak datang dengan sendirinya, melainkan harus terlebih dahulu diusahakan

Mafaza-Online.Com | Semua makhluk dalam menjalani kehidupan dunia pasti diberi rezeki oleh Allah SWT. Jumlahnya pun sudah ditetapkan dan tidak akan tertukar. Rezeki bisa jadi berupa harta materi, istri soleha, anak-anak yang baik, taat serta patuh pada orang tua.

Namun, rezeki itu tidak datang dengan sendirinya, melainkan harus terlebih dahulu diusahakan.

Ada banyak usaha yang dilakukan manusia untuk menjemput rezeki dari Allah. Mulai dari bekerja keras, dan berdoa kepada Allah.

Namun tidak jarang ada manusia yang melakukan perbuatan yang diridhai oleh Allah.

Delapan tindakan ini rasanya lumrah dilakukan saat ini. Namun mulai sekarang anda sudah harus berhati-hati. Pasalnya, hal ini hanya justru menolak hadirnya rezeki. Kebiasaan ini seharusnya dihindari, apa saja?

1. Kebanyakan Mengeluh
2. Materialistis Alias Matre
3. Makan Makanan Haram
4. Terlalu Fokus Pada Dunia
5. Tak Menjaga Badan
6. Kebanyakan Gosip
7. Penggerutu dan Suka Marah
8. Riya dan Suka Pamer

Semua makhluk dalam menjalani kehidupan dunia pasti diberi rezeki oleh Allah SWT. Jumlahnya pun sudah ditetapkan dan tidak akan tertukar. Rezeki bisa jadi berupa harta materi, istri shalehah, dan anak-anak yang baik, taat dan patuh pada orang tua.

Namun, rezeki itu tidak datang dengan sendirinya, melainkan harus terlebih dahulu diusahakan.  Ada banyak usaha yang dilakukan manusia untuk menjemput rezeki dari Allah. Mulai dari bekerja keras, dan berdoa kepada Allah.

Namun tidak jarang ada manusia yang melakukan perbuatan yang diridhai oleh Allah.Delapan tindakan ini rasanya lumrah dilakukan saat ini. Namun mulai sekarang anda sudah harus berhati-hati. Pasalnya, hal ini hanya justru menolak hadirnya rezeki. Kebiasaan ini seharusnya di hindari, apa saja? Berikut ulasannya.

1. Kebanyakan Mengeluh
Kebiasaan pertama yang ternyata tanpa disadari bisa menolak rezeki adalah terlalu banyak mengeluh. Banyak manusia yang tidak merasa puas dengan apa yang dimilikinya. Hal inilah yang menyebabkan banyak keluhan-keluhan terucap atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

2. Materialistis Alias Matre
Kebiasaan materialistis ata mengukur segala sesuatu dengan uang dan barang ternyata menjadi satu sikap yang bisa menolak rezeki. Orang yang memiliki sikap matre biasanya akan memandang rendah orang lain yang tidak memiliki kekayaan. Sementara itu, mereka akan memperlakukan orang kaya dengan sebaik-baiknya.

Padahal sebenarnya Allah SWT juga menitipkan rezeki kepada orang yang lemah, miskin dan teraniaya. Memuliakan orang yang miskin dengan cara bersedekah kepada mereka bisa menjadi salah satu jalan untuk menderaskan rezeki.

Kebiasaan bersikap matre dapat membuat manusia mendewakan harta di atas segala-galanya. Hal ini tentu saja bisa menjerumuskan manusia tersebut pada syirik, dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan menilai segalanya dalam bentuk uang dan barang, namun perbanyaklah amalan ibadah dan ketakwaan kepada Allah.

3. Makan Makanan Haram
Makanan haram saat ini tidak hanya sebatas daging babi, bangkai, darah, dan binatang yang disembelih dengan tidak menyebut nama Allah. Akan tetapi, makanan yang bersumber dari rezeki yang tidak halal seperti korupsi, mencuri, nepotisme dan lain sebagainya juga termasuk ke dalam makanan haram.

Ternyata mengonsumsi makanan haram tersebut bisa menjadi salah satu kebiasaan yang tanpa disadari dapat menolak rezeki dari Allah Allah SWT. tubuh yang tumbuh dengan makanan haram, maka tidak akan malu untuk melakukan perbuatan yang diharamkan pula ketika mencari rezeki.

4. Terlalu Fokus Pada Dunia
Dunia memang senantiasa menawarkan kenikmatan bagi penghuninya. Kenikmatan tersebut terkadang bisa membuat si manusia terperdaya dan lupa bersyukur serta beribadah kepada Allah SWT.

Dengan kesibukan mereka berfokus kepada dunia, membuat mereka lupa menabung amalan kebaikan untuk di akhirat kelak. Padahal kebiasaan yang demikian ini menjadi salah satu hal yang tanpa disadari bisa menolak rezeki. Bagaimana Allah akan memberikan rezeki-Nya sementara kita tidak pernah mengingat-Nya dan mengerjakan segala perintah-Nya.

5. Tak Menjaga Badan
Kesehatan menjadi suatu hal penting yang harus dijaga. Banyak orang yang mungkin mengabaikan masalah kesehatan ini. Mereka dengan sengaja menelantarkan badannya untuk berobat ketika sakit, makan tidak teratur, malas berolahraga, merokok dan kebiasaan buruk lainnya.

Kebiasaan demikian ini menandakan bahwa ia tidak menjaga karunia dan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Badan ini diciptakan untuk mengabdi pada Allah, untuk ibadah dan amal saleh. Jika pemanfaatan badan dilakukan untuk hal-hal yang tak bermanfaat apalagi berhias dosa dan maksiat maka dijamin rezeki pun akan tertolak.

6. Kebanyakan Gosip
Bergosip menjadi salah satu kebiasaan yang marak terjadi saat ini. Tidak hanya di kalangan wanita, banyak pria juga yang gemar bergosip. Bahkan acara gosip di televisi selalu memiliki rating yang tinggi. Hal ini dikarenakan banyak orang yang ingin mengetahui tentang kehidupan orang lain.

Ketika bergosip, berarti orang tersebut telah menghabiskan waktu untuk mencela dan mempergunjingkan kehidupan orang lain. Ternyata kebiasaan ini tanpa disadaari bisa menjaadi salah satu tanda bahwa kita menolak rezeki dari Allah SWT. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari kebiasaan bergosip dan mulai memperbaiki diri.

7. Penggerutu dan Suka Marah
Orang yang gemar menggerutu biasa selalu merasa tidak puas dan tidak bisa memaafkan kesalahan orang lain. Bahkan ia bisa marah-marah sepanjang waktu karena merasa tidak puas dengan kondisi yang tengah dialami. Lain halnya dengan pengeluh yang komplain dengan rasa putus asa, si penggerutu ini akan memarahi dan menyalahkan orang lain atas nasib buruk yang tengah menimpanya.

Padahal sebenarnya, orang yang suka marah dan menggerutu termasuk dalam orang yang kufur. Yakni orang yang tidak menerima takdir Allah yang telah terjadi kepadanya. Ia tidak bersyukur atas nikmat yang diterimanya karena mengganggap semua itu seperti masalah. Kebiasaan kufur yang demikian ini bisa menjadi salah satu penghambat datang rezeki.

8. Riya dan Suka Pamer
Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang suka memamerkan harta, benda dan amalan kebaikan yang dilakukannya. Hal ini dilakukan demi untuk mendapatkan pujian dari sesama manusia. Ia melakukan sedekah, shalat, haji dan ibadah lainnnya semata-mata hanya untuk ditunjukkan kepada manusia. Padahal seharusnya semua perbuatan tersebut harus diniatkan untuk ditujukan kepada Allah SWT. Kebiasaan Riya dan pamer ini bisa menjadi salah satu hal yang tanpa disadari bisa menolak rezeki seseorang.

Demikianlah informasi mengenai 8 kebiasaan yang ternyata bisa menolak rezeki. Perbuatan-perbuatan di atas sudah sepantasnya untuk dihindari kaum muslimin. Semoga kita menjadi hamba yang senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Video 👇


Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda

#rezeki #pejuangrupiah
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: 8 Kebiasaan yang Ternyata Bisa Tolak Rezeki . All Rights Reserved