Rabu, 03 Februari 2016

Home » » Penularan Virus Zika Diduga Bermula dari Hubungan Seks

Penularan Virus Zika Diduga Bermula dari Hubungan Seks

  
Mafaza-Online.Com | KESEHATAN -  Penularan virus Zika di Amerika Latin diduga bukan berasal dari gigitan nyamuk melainkan hubungan seksual. Fakta ini baru dilaporkan oleh pejabat kesehatan setempat pada Selasa, 2 Februari 2016, sehari setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan darurat kesehatan internasional.

Dallas County Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan mengatakan telah menerima konfirmasi kasus di Dallas dari Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat.

Seorang pejabat kesehatan Dallas County mengatakan bahwa penyakit ini mulanya ditularkan melalui kontak seksual dengan seseorang yang telah melakukan perjalanan ke Venezuela. “Orang yang terinfeksi tidak bepergian ke negara Amerika Selatan,” kata Pejabat Kesehatan County seperti yang dilansir Reuters, Selasa, 2 Februari 2016.

County menegaskan tidak ada laporan virus yang secara lokal ditularkan oleh nyamuk di Texas.  Meski demikian, para pejabat setempat masih menyelidiki modus penularan.

Sebelumnya, pejabat kesehatan internasional telah mencatat satu kasus penularan melalui transmisi seksual. Namun Organisasi Kesehatan Pan Amerika mengatakan perlu lebih banyak bukti untuk mengkonfirmasi hubungan seksual sebagai sarana transmisi Zika.


"WHO menyatakan virus yang menyebabkan cacat lahir tersebut telah menyebar dengan cepat di Amerika dan bisa menginfeksi 4 juta orang"

Virus Zika dikaitkan dengan wabah microcephaly, di mana bayi memiliki kepala abnormal kecil dan otak menyusut. WHO mengatakan telah meluncurkan unit respon global untuk memerangi virus nyamuk, yang menyebar dengan cepat di Amerika Latin. Sebagai negara dengan tingkat kelahiran tinggi, WHO menyatakan Afrika dan Asia sangat rentan terserang virus.

MAYA AYU PUSPITASARI | TEMPO.CO

Silakan Klik:
Murah Meriah Hanya Rp 25.000/bulan
 
Share this article :

Poskan Komentar