Selasa, 02 Februari 2016

Home » » Apa sih Gadget itu?

Apa sih Gadget itu?

  
Mafaza-Online.Com | IPTEK - Pengertian Gadget – Dizaman modern seperti sekarang ini, kita tidak lepas dengan yang namanya gadget. Bahkan kita sering mengucapkan dan mendengar istilah gadget. Tapi tahukah Anda apa itu gadget? Apa saja yang masuk dalam kategori gadget? Kali ini Teknopedia akan mencoba membahas tentang gadget dan pengertiannya.

Pengertian Gadget

  
Secara estimologi, gadget adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Tetapi dari penjelasan diatas akan membuat kita lebih bertanya, “Apa perbedaan gadget dengan perangkat elektronik lainnya?”

Yang paling mencolok dari perbedaan tersebut adalah unsur “pembaharuan”. Simple-nya, gadget adalah alat elektronik yang memiliki pembaharuan dari hari ke hari sehingga membuat hidup manusia lebih praktis.

Kita ambil contoh telepon rumah dan komputer. Komputer dan telepon rumah masuk dalam kategori perangkat elektronik. Bandingkan dengan Laptop dan handphone, kedua elektronik ini lebih compact dan portable kan?

Yup, begitulah contoh konkritnya.
   
Alat Elektronik                 Gadget
Komputer                Laptop/Notebook/Netbook
Telepon Rumah            Handphone
Playstation                        PSP

Contoh diatas adalah beberapa contoh simplenya, dan di blog Teknopedia ini hanya membahas beberapa gadget yang perkembangannya cukup pesat, diantaranya:


  •     Handphone,
  •     Phablet,
  •     Tablet,
  •     Laptop,
  •     Kamera, dan
  •     Gadget Lainnya

Perkembangan Gadget

Dalam perkembangannya, gadget mengalami perluasan arti. Sekarang gadget tidak hanya diartikan sebagai (bentuk fisik) elektronik, tetapi sudah berkembang artinya dalam (bentuk visual) software. Tetapi artinya masih sama, yaitu sebuah fitur untuk mempermudah kegiatan manusia.

Sebagai contohnya fitur gadget pada blogger/blogspot, disana terdapat opsi “Add a gadget” dimana fungsinya adalah fitur untuk mempermudah pengguna (newbie) dalam mengoperasikan sistem tersebut.

Secara garis besar, pengertian gadget adalah object teknologi yang memiliki fungsi tertentu yang mana teknologi tersebut sering dianggap sebagai hal yang baru dan selalu mengalami perkembangan. Gadget selalu ‘dikemas’ secara cerdik melebihi teknologi yang ada sebelumnya.

TEKNO-PEDIA.Com



Silakan Klik:
Murah Meriah Hanya Rp 25.000/bulan
 


Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Apa sih Gadget itu? . All Rights Reserved