Selasa, 12 Januari 2016

Home » » DPP PKS Tentang Penegakan Disiplin Organisasi dan Menjaga Soliditas Internal

DPP PKS Tentang Penegakan Disiplin Organisasi dan Menjaga Soliditas Internal

Proses penegakan disiplin dalam organisasi PKS adalah hal yang wajar dan normal sebagaimana terjadi di partai atau organisasi manapun
  
Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh,


Segala puji bagi Allah Azza wa Jalla yang telah menciptakan kematian dan kehidupan sebagai ujian bagi seluruh manusia, agar diketahui siapakah yang paling baik amalnya. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Muhammad Rasulullah Saw, beserta keluarga, para sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sejak kehadirannya pertama kali di hadapan publik telah menegaskan diri sebagai Partai Dakwah. Karena itu, upaya menebarkan kebaikan dan mencegah kemungkaran merupakan esensi perjuangan yang terus dilestarikan. Proses perbaikan harus dimulai dari diri sendiri, dengan penuh kesadaran, tanpa tekanan atau desakan pihak lain. Kader yang mendapat amanah sebagai Pimpinan dan Pengurus di tingkat Pusat, Wilayah dan Daerah menjadi contoh upaya perbaikan kepada seluruh kader di tingkat Cabang dan Ranting. Maka, jadilah kita orang pertama yang melakukan evaluasi dan perbaikan diri sendiri sebelum mengajak orang lain memperbaiki diri mereka.

Selain itu, masyarakat menyaksikan karakter utama PKS sebagai partai kader yang bertumpu pada modal sumber daya insani. Kekuatan utama PKS bukan pada jumlah suara dan amanah kekuasaan yang dijalankan, bukan pula aset fisik dan material, melainkan pada kader dan simpatisan yang memegang komitmen berlandaskan kepahaman terhadap nilai-nilai universal Islam, keikhlasan dan kesiapan beramal dalam berbagai lapangan pengabdian. Amal yang berkesinambungan itu menuntut kesungguhan dan pengorbanan; dan selanjutnya diperkokoh dengan ketaatan, keteguhan dan totalitas kerja, hingga membuahkan persaudaraan dan kesetiaan terhadap Pimpinan serta sesama saudara seperjuangan.


Saudara-saudaraku seiman dan seperjuangan,

PKS telah mengalami berbagai ujian dari periode ke periode, baik ujian yang bersifat internal maupun tantangan eksternal. Alhamdulillah, bi ‘aunillahi ta’ala, segenap ujian dan tantangan itu dapat dilalui, sehingga PKS semakin matang menapaki jalan perjuangan. Namun, sebagai kumpulan manusia, PKS menyadari masih banyak kelemahan dan kekurangan yang harus diperbaiki, terutama dalam hal: penguatan ideologi Partai dan paradigma dakwah, penegakan disiplin organisasi, dan pembangunan basis sosial yang lebih mengakar. Dalam Rencana Strategis PKS (2015-2020), ketiga faktor itu merupakan fondasi bagi tata kelola partai yang baik (Good Political Party Governance). Inilah ijtihad kolektif saat ini untuk menyempurnakan tugas Kepeloporan (dalam pelayanan, pemberdayaan, dan pembelaan kepentingan umat/bangsa) serta mewujudkan visi Peradaban.

Proses penegakan disiplin dalam organisasi PKS adalah hal yang wajar dan normal sebagaimana terjadi di partai atau organisasi manapun. Jika PKS tidak melakukan penegakan disiplin dan perbaikan internal, maka identitas sebagai partai dakwah dan partai kader akan gugur secara otomatis.

Untuk itu, kepada seluruh Kader dan Simpatisan PKS di semua lini dan jenjang organisasi diinstruksikan untuk:
  1. Menjaga soliditas Partai dengan semangat persaudaraan dan menyerahkan proses penegakan disiplin organisasi berdasarkan peraturan yang berlaku;
  2. Merujuk informasi resmi tentang sikap dan kebijakan Pimpinan Partai dari sumber terpercaya melalui jalur struktural, dan tidak terpengaruh dengan pemberitaan yang dikembangkan pihak-pihak yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Membaca dan memahami kembali Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan segenap peraturan Partai serta produk kebijakan yang pernah dikeluarkan Partai.
  4. Memusatkan perhatian dan energi untuk menjalankan amanah yang telah diberikan dalam sektor pengabdian apapun, seraya menghindari perdebatan dan pergunjingan yang tidak memberikan manfaat.

Demikianlah, Bayan ini disusun dan disebarkan kepada seluruh Kader dan Simpatisan PKS untuk dipahami dan dijalankan sebaik-baiknya. Semoga Allah Ta’ala memelihara kejernihan akal dan hati sanubari kita, sehingga tetap bersaudara dalam kondisi lapang atau penuh tantangan.

Billahi fii sabilil haq,
Wassalamu’alaikum wa warahmatullahi wa barakatuh.

Jakarta, 11 Januari 2016

Bidang Kaderisasi
DPP Partai Keadilan Sejahtera

Amang Syafruddin, Lc.
Ketua

Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda
 
Share this article :

Poskan Komentar