Senin, 28 Desember 2015

Home » » 33 Penghapal Al-Quran Cilik Menyertai Mukhayyam Al-Quran Anak (MQA) Malaysia

33 Penghapal Al-Quran Cilik Menyertai Mukhayyam Al-Quran Anak (MQA) Malaysia

Acara yang diselenggarakan di International Islamic Centre (IIC) Selangor ini disambut antusias oleh para orangtua dan masyarakat Indonesia dan Malaysia

   
Wisuda Mukhayam Al-Qur’an Anak I (Rumah Qur’an al-Itqan)
Mafaza–Online.Com
| MALAYSIA -
Pendidikan Al-Quran seyogyanya diberikan kepada anak-anak sejak usia dini sebagai pendidikan dasar sebelum mengajarkan mereka ilmu-ilmu pengetahuan yang lain. Keprihatinan inilah yang mendorong Rumah Quran Al-Itqan Malaysia, sebuah NGO yang dikelola oleh mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Malaysia, mengadakan acara Mukhayyam Al-Quran Anak (MQA) 1 pada 30 November-24 Desember 2015.

Acara yang diselenggarakan di International Islamic Centre (IIC) Selangor ini disambut antusias oleh para orangtua dan masyarakat Indonesia dan Malaysia. Tidak kurang dari 33 orang anak dipilih dan disertakan dalam acara ini. Direktur Rumah Quran Al-Itqan, Al-Ustaz Ardiansyah Ashri Husein, Lc, MA, Al-Hafiz menyebutkan bahwa di antara tujuan utama penyelenggaraan acara MQA adalah menanamkan kecintaan anak-anak kepada Al-Quran sejak dini dengan memberikan pendidikan asas Al-Quran berupa tahsin dan tahfiz.

Rumah Quran Al-Itqan menurunkan setidaknya 7 orang muwajjih Al-Quran yang sebagian besarnya terdiri dari para huffaz yang berpengalaman dalam mengajarkan al-Quran. Metode yang digunakan MQA ini adalah Talaqqi Musyafahah di mana para muwajjih akan mengajarkan para peserta MQA secara langsung dengan melafalkan ayat-ayat atau surah di hadapan peserta sebelum mereka dibimbing dan diajarkan mengikutinya.

   
Mukhayam Al-Qur’an Anak I (Rumah Qur’an al-Itqan)
Para peserta juga didorong untuk meningkatkan usaha dalam membaca dan menghapal al-Quran dengan diberikan Sticker berbentuk “Bintang” pada lembar laporan tahfiz mereka. Hal ini tentu saja mendorong anak-anak berlomba-lomba untuk mendapatkan sebanyak mungkin bintang. Dengan tema “Ceria Bersama Al-Quran” acara MQA ini dikonsep secara menarik dan familiar dengan dunia anak-anak yang memang menyukai permainan. Maka selain kegiatan tahsin dan tahfiz, acara ini juga dimeriahkan dengan game-game dan outbond di sela-sela kegiatan untuk memupuk semangat kebersamaan dan persahabatan.

Acara yang berlangsung kurang lebih 30 hari ini ditutup dengan wisuda tahfidz dan penyerahan hadiah serta penghargaan kepada para peserta terbaik dan yang paling besar usahanya dalam membaca dan menghapal Al-Quran. Semoga acara ini semakin mendorong kita dan anak-anak kita lebih dekat dengan Al-Quran dan lebih memeriahkan lagi dakwah dan syiar Al-Quran. (rem/dakwatuna)

Rumah Qur’an Al-Itqan Malaysia | dakwatuna.com

Silakan klik:
Lengkapi Kebutuhan Anda

Share this article :

Poskan Komentar