Kamis, 17 April 2014

Home » » Ikan Tuna RI Kalah Kualitas Dibandingkan Thailand

Ikan Tuna RI Kalah Kualitas Dibandingkan Thailand

Masyarakat Amerika Serikat ragu untuk mengkonsumsi tuna Indonesia, atas dugaan terkandungnya logam berat



Anggota Komisi IV DPR RI , Hb Nabiel Almusawa
Mafaza-Online.Com | JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI , Hb Nabiel Almusawa meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tidak berpangku tangan mengetahui kualitas ikan tuna ekspor Indonesia yang kalah dibanding Thailand.
 
“Sejak 2011 ada laporan, orang AS menuding tuna asal Indonesia mengandung logam berat dan mereka mengaku keracunan jika makan ikan-ikan itu. Karena keracunan, maka mereka menuduh Indonesia melanggar ketentuan tentang keamanan makanan. Sudah 3 tahun berlalu, mengapa masalah ini tidak juga kunjung selesai?” paparnya menanggapi laporan lebih rendahnya kualitas ikan tuna Indonesia dibandingkan ikan tuna Thailand.

Kadin Bidang Perikanan dan Kelautan melaporkan, kualitas ikan tuna Thailand lebih diakui dunia sehingga jadi komoditas ekspor Negara tersebut. Efeknya adalah harga jual ikan tuna Thailand di tingkat dunia jauh lebih tinggi dibandingkan harga jual ikan tuna Indonesia.  Masyarakat Amerika Serikat tidak ragu untuk mengkonsumsinya.  Adapun tuna Indonesia, mereka masih ragu atas dugaan terkandungnya zat-zat tertentu.

Lebih jauh, Nabiel mengapresiasi langkah Indonesia yang telah menyelenggarakan  Developing World Fisheries Conference II di Nusa Dua, Bali belum lama ini.  Konferensi tersebut membahas pentingnya sertifikasi MSC (Marine Stewardship Council) bagi industri perikanan dunia khususnya bagi negara berkembang. 

Nabiel berharap hasil-hasil konferensi tersebut segera ditindaklanjuti.  “Indikator keberhasilan konferensi ini adalah sejauh mana ikan kita kualitasnya bisa meningkat dan dihargai tinggi oleh dunia.  Semakin cepat hal itu terwujud maka semakin berhasil konferensi tersebut. Saya akan pantau terus realisasi konferensi tersebut di lapangan nanti,” pungkas Nabiel.

PPNSI.ORG






Share this article :

Poskan Komentar