Selasa, 11 Maret 2014

Home » » BNPB Anugerahkan 'Penghargaan Khusus' Kepada Senkom Mitra Polri

BNPB Anugerahkan 'Penghargaan Khusus' Kepada Senkom Mitra Polri

Senkom Mitra Polri dalam video profil produksi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) hingga tahun 2013 beranggota sebanyak 1,7 juta yang tersebar di 485 Kabupaten/Kota, dan terus bertambah seiring dengan rekrutmen anggota baru dalam rangka regenerasi tahun 2013/2014 sebanyak 66 ribu personil, di 23 ribu titik, atau setiap titik tiga personil.
_______________________________________

Mafaza-Online.Com | Jakarta - "Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan, yang merupakan pencapaian dari kinerja teman-teman di lapangan. Mereka tanpa pamrih setiap ada bencana langsung terjun, bahkan kalau belum ada logistik kedaruratan tak segan mereka membawa apapun yang ada di rumah. Atas nama Ketua Umum Senkom Mitra Polri saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Senkom Mitra Polri di manapun berada," ujar H. Muhamad Sirot, SH, SIP, selaku Ketua Umum Senkom Mitra Polri usai menerima Penghargaan Khusus dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (11/3) di Jakarta.

Disamping Senkom Mitra Polri, Kepala BNPB DR. Syamsul Maarif, M.Si juga menyampaikan penghargaan ke sejumlah pihak yang dinilai memiliki andil besar dalam komitmen penanggulangan bencana.
Adapun para pihak peneriman Penghargaan Khusus BNPB tersebut ialah:
  • Penghargaan Khusus dalam Rangka Peningkatan Akuntabilitas, diberikan kepada Kepala BPKP, Prof.Dr . Mardiasmo,AK,MBA,CA;
  • Penghargaan Khusus untuk Peran Pemerintah dan Masyarakat Jawa Timur, diberikan kepada Gubernur Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, SH, M.Hum;
  • Penghargaan Peran Aktif dalam Bidang Kebencanaan, diberikan kepada Gubernur Sulawesi Utara, Dr. Sinyo Harry Sarundajang;
  • Penghargaan Kategori Partisipasi Dunia Usaha dan Organisasi Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana, diberikan kepada Garuda Indonesia, Telkomsel, Senkom Mitra Polri, Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) dan Resimen Mahasiswa Jayakarta
Ketua Umum Senkom Mitra Polri, HM.Sirot, SH.SIP mengatakan bahwa dengan penghargaan ini akan dijadikan pemicu bagi Senkom untuk terus meningkatkan peran aktifnya dalam kebencanaan. Selama tahun 2013 hingga triwulan I tahun ini Senkom melaksanakan kegiatan diklat di tingkat propinsi diikuti perwakilan tingkat kabupaten/kota dan kecamata, dan dalam setiap pelatihan itu salah satu materi adalah penanganan bencana yang diisi oleh masing-masing badan seperti BPBD dan Basarnas.

"Kami terus berupaya meningkatkan keterampilan anggota terutama dalam penanganan bencana, karena bencana itu bisa datang sewaktu-waktu dan kita harus sudah mempersiapkan diri agar tidak terjadi korban lebih banyak. Kami tentu juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan segenap pihak dalam kerjasama penanganan bencana, termasuk pihak yang memberikan pelatihan dan lain-lain," ujar Sirot.


Senkom Mitra Polri sejak 1 Januari 2005 membentuk divisi penanggulangan bencana yang disebut Senkom Rescue. Tanggal tersebut dipilih selain sebagai pengembangan organisasi, juga untuk memperingat penerjunan personil untuk penanggulangan bencana dalam peristiwa tsunami Aceh.

Senkom Mitra Polri dalam video profil produksi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) hingga tahun 2013 beranggota sebanyak 1,7 juta yang tersebar di 485 Kabupaten/Kota, dan terus bertambah seiring dengan rekrutmen anggota baru dalam rangka regenerasi tahun 2013/2014 sebanyak 66 ribu personil, di 23 ribu titik, atau setiap titik tiga personil.

Disamping membantu BNPB dalam kebencanaan, Senkom Mitra Polri setiap hari melakukan laporan situasi kamtibmas pagi dan malam hari yang diikuti para anggota yang piket dan jajaran Polri. (RIO)
Share this article :

Poskan Komentar