Selasa, 11 Maret 2014

Home » » Batik Bekasi Mulai Rambah Asia

Batik Bekasi Mulai Rambah Asia

Corak batik khas Kota Patriot itu akan dipatenkan sehingga memudahkan masyarakat membedakannya dengan corak batik khas Kabupaten Bekasi

Mafaza-Online.Com|BEKASI - Batik Bekasi resmi di-launching sebagai salah satu busana khas karya masyarakat Bekasi. Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi merilis batik khas Bekasi di Atrium Bekasi Square, Selasa (4/6).

Wali Kota yang akrab disapa Pepen ini mengungkapkan, akan memasyarakatkan motif Batik Bekasi di lingkungan Pemkot Bekasi yang jumlah pegawainya mencapai 18 ribu orang.

’’Setiap hari Kamis kita sudah gunakan batik di jajaran Pemkot Bekasi, termasuk penggunaan Batik Bekasi ini,” jelasnya.

Diakuinya batik Bekasi yang berada di dua wilayah Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi, tidak ada permasalahan.

Corak batik khas Kota Patriot itu akan dipatenkan sehingga memudahkan masyarakat membedakannya dengan corak batik khas Kabupaten Bekasi.
  


’’Yang jelas corak ini harus dihak patenkan dan punya register. Register ini lah nanti yang membedakan batik Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi,” tegasnya.

Kabid Kebudayaan Disporbudpar, Junarsih, mengaku membutuhkan proses panjang untuk mematenkan produk busana khas Bekasi itu. Salah satu corak batik Bekasi menggambarkan flora dan fauna yang ada di Kota Bekasi. Sedangkan corak batik Kabupaten Bekasi dengan gambar kondisi lingkungan kabupaten yang dikelilingi pantai.

’’Yang jelas bukan motifnya yang dipatenkan tetapi pakemnya,” imbuhnya.

Terpisah, salah satu pengrajin batik Bekasi, Ernawati, berharap bisa menyerap bantuan tenaga perajin dari Bekasi. Yang saat ini 10 perajin yang dimilikinya masih ada dari wilayah luar Bekasi yang tergabung dalam perajin batik Betawi.

’’Kita harapkan ada tambahan perajin dari Bekasi, karena antusias masyarakat dengan batik Bekasi saat ini cukup tinggi,” jelasnya yang  mengaku sudah 2 kali membawa Batik Bekasi ke Malaysia.

Di negara jiran itu Batik Bekasi cukup diminati. 



one|jpnn|Foto: http://balareabatikjabar.org 



Silakan diklik:  
 
Share this article :

Posting Komentar