Jumat, 15 November 2013

Home » » Persiapkan Buka Puasa Anda Sesuai Sunah Rasulullah saw

Persiapkan Buka Puasa Anda Sesuai Sunah Rasulullah saw

¤ Persiapkan Buka Puasa Anda Sesuai Sunah Rasulullah saw ¤

Berikut adab berbuka puasa ;

1. Berdoa (sebelum menyantap hidangan buka puasa)

Berdoa waktu berbuka dan sepanjang melaksanakan shaum. Dari Abdullah Bin Amr Bin Ash radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi Saw berkata : "Sesungguhnya bagi orang yang sedang shaum saat berbuka doanya tidak ditolak". (HR. Ibnu Majah) Dalam hadits lain Rasulullah Saw bersabda : "Ada tiga do’a yang tidak akan ditolak Allah; orang yang shaum sampai dia berbuka, imam (pemimpin) yang adil dan orang yang terzhalimi (teraniaya)". (HR. Tirmidzi).

Doa buka puasa adalah ;
ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ
“Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah”.

Artinya; "Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki". (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357] dan selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678)

2. Menyegerakan Berbuka Puasa

Dari Sahl bin Sa’ad Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka”. (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Berbuka dengan Kurma atau Air

Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berbuka dengan beberapa ruthob (kurma yang masak) sebelum melakukan shalat, jika tidak ada ruthab maka dengan beberapa kurma belum masak, dan apabila tidak ada kurma masak maka beliau minum beberapa teguk air. (HR. Abu Dawud, Ahmad, Ibnu Khuzaimah, dan Tirmidzi)

4. Tidak berlebih-lebihan dalam makan dan minum.




Silakan di Klik:
Share this article :

Poskan Komentar