Rabu, 25 September 2013

Home » » Apa itu Efek Rumah Kaca?

Apa itu Efek Rumah Kaca?

Efek rumah kaca merupakan salah satu penyebab dari timbulnya pemanasan global ini. Sebenarnya efek rumah kaca itu apa sih?

Mafaza-Online.Com|IPTEK - Global Warming. Sudah ada yang pernah dengar istilah pemanasan global (global warming)? Akhir-akhir ini di televisi, koran, radio, internet, di mana-mana orang–orang banyak yang membicarakan mengenai pemanasan global (global warming).Pemanasan global ini membuat temperatur bumi semakin naik, bumi semakin panas, es di kutub mencair, dan perubahan iklim yang sangat drastis.

Nah, efek rumah kaca merupakan salah satu penyebab dari timbulnya pemanasan global ini. Sebenarnya efek rumah kaca itu apa sih? Yuk kita cari tahu.

Bumi sebenarnya ditutupi oleh selimut tebal atmosfer yang melindunginya dari terpaan sinar matahari langsung . Ketika sinar matahari masuk ke dalam atsmosfer bumi menurut wikipedia, energi yang masuk ke bumi mengalami : 25% dipantulkan oleh awan atau zat lain ke atmosfer, 25% diserap awan, 45% diserap permukaan bumi dan 5% dipantulkan kembali oleh permukaan bumi.

Selama ribuan tahun sebelum industri banyak bermunculan, rata-rata temperatur bumi adalah hampir sama dari tahun-tahun sebelumnya. Namun kegiatan manusia seratus tahun terakhir ini telah banyak membuat perubahan pada permukaan atmosfer bumi kita.

Industri-industri yang dijalankan manusia telah banyak membakar energi berupa batubara, minyak bumi atau gas yang menghasilkan karbon dioksida yang selanjutnya melayang ke udara. Akibatnya jumlah karbon dioksida meningkat 30% dibanding ratusan tahun yang silam.

Karbondioksida dan gas-gas lain yang melayang di udara kita inilah yang menyebabkan sinar matahari tetap tertahan dan terserap permukaan bumi. Sehingga menyebabkan temperatur bumi semakin panas. (engineeringtown.com)






MafazaOnline Peduli (MOP)
MOP Adalah dana yang dihimpun dari pembaca. Untuk membantu dakwah Islam.


Mari bersinergi, Kirim bantuan melalui
Bank Muamalat Norek: 020 896 7284
Syariah Mandiri norek 069 703 1963.
BCA norek 412 1181 643
a/n Eman Mulyatman

Setelah transfer kirim sms konfirmasi ke 0878 7648 7687 Dengan format: Nama/Alamat/Jumlah/Bank/Peruntukkan (Pilih salah satu)
1. Desa Binaan 2. Motor Dai 3. Peralatan Shalat
4. Wakaf Al-Qur’an 5. Beasiswa 6. Dunia Islam

Syukran Jazakumullah Khairan Katsira

Share this article :

Poskan Komentar