Senin, 08 Juli 2013

Home » » ISN Gelar ’Tarhib Ramadhan – Silaturahim Ulama’

ISN Gelar ’Tarhib Ramadhan – Silaturahim Ulama’

Angkat Spirit ’Indahnya Kebersamaan dalam Islam’

MafazaOnline | JAKARTA – Menyongsong bulan suci Ramadhan yang selalu dinantikan kehadirannya oleh seluruh Umat Islam baik di Indonesia maupun di dunia ini, Indonesia Syiar Network (ISN) sebagai organisasi relawan yang bertujuan untuk mendukung Dakwah Islam melalui pendekatan kreatif yang segar, menggelar sebuah program Islami yang positif bertajuk ’Tarhib Ramadhan’ dengan kegiatan pembuka ’Silaturahim Ulama’ hari ini bertempat di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Pusat.

Kegiatan ’Silaturahim Ulama’ yang dihadiri oleh para ulama dari berbagai kota di Indonesia ini merupakan ajang Silaturahim antar ulama sekaligus menjadi wadah untuk saling mengingatkan dalam kebaikan, mendoakan serta berbagi harapan-harapan terhadap negeri tercinta khususnya Umat Islam di Indonesia. Kegiatan ini juga sebagai sarana untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiah serta sebagai wadah untuk berbagi pemikiran, inspirasi dan wawasan seputar Islam dari kacamata para guru besar Islam yang dihormati dan mengangkat spirit ’Indahnya Kebersamaan dalam Islam’ dan ’Saling Mencintai karena Allah SWT’.

Spirit ’Indahnya Kebersamaan dalam Islam’ menjadi menu utama dari pertemuan antar para ulama yang baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia ini yang diharapkan dapat menjadi wadah untuk menyatukan berbagai pandangan dan pendapat seputar Islam sehinga didapatkan pemahaman yang mewakili spirit yang ingin digaungkan yaitu ’Islam Itu Indah’.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh pihak Indonesia Syiar Network sebagai penggagas acara Silaturahim akbar para ulama yang baru digelar pertama kali di Indonesia ini. Imam Subchan, perwakilan dari Indonesia Syiar Network, menjelaskan, ”Kami gembira dapat menggelar pertemuan akbar antar ulama yang pertama kali di Indonesia ini. Sebagai organisasi yang peduli terhadap penyebaran dakwah Islam di Indonesia, kami senantiasa menggali kreativitas dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan Islami yang positif, bermanfaat bagi umat dan tidak monoton. Untuk itulah kami hadirkan program ’Tarhib Ramadhan’ dengan kegiatan pembuka ’Silaturahim Ulama’, bekerja sama dengan Majelis Az Zikra, Daarul Quran, dan Daarut Tauhiid sebagai kegiatan yang dapat mempersatukan para ulama di seluruh Indonesia untuk bersilaturahim jelang dimulainya bulan suci Ramadhan yang jatuh pada awal minggu depan”.

Dilanjutkannya, ”Ajang yang mengangkat spirit ’Indahnya Kebersamaan dalam Islam’ ini juga menjadi wadah sharing ilmu, inspirasi, pandangan nasehat, doa dan harapan-harapan dari para guru besar kami yang mumpuni, tokoh ulama Indonesia. Sekaligus di ajang ini kami dapat saling bertatap muka langsung dengan para ulama untuk mendapatkan restu yang semakin menguatkan niat dan ikhtiar kami untuk terus menggaungkan asma Allah SWT melalui dakwah-dakwah Islam dalam sentuhan yang modern”.

Kegiatan ’Silaturahim Ulama’ merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang digelar Indonesia Syiar Network selama bulan suci Ramadhan dalam program ’Tarhib Ramadhan’. Selain pertemuan antar ulama yang menjadi kegiatan pendahulu, program ’Tarhib Ramadhan’ yang mengusung tema ’Saatnya Kembali ke Mesjid’ ini juga menampilkan berbagai kegiatan padat pahala diantaranya Diskusi  dan Ceramah Islami, Lomba Photo dan berbagai kegiatan menarik lainnya. Seluruh kegiatan ini terbuka untuk umum dan khusus untuk lomba photo yang juga mengusung tema ’Saatnya Kembali ke Masjid’ ini, pihak Indonesia Syiar Network telah menyiapkan berbagai hadiah menarik untuk memotivasi umat Islam khususnya pecinta hobi photography untuk mengangkat berbagai angle eksotisme mesjid, baik dari segi eksterior, interior, maupun aktivitas manusia di dalamnya.

Menanggapi lomba photo bertema ’Saatnya Kembali ke Mesjid’ yang menjadi bagian dari program ’Tarhib Ramadhan’ ini, Imam Subchan perwakilan Indonesia Syiar Network memaparkan, ”Kami prihatin dengan kondisi Mesjid yang beberapa tahun belakangan ini terlihat mulai sepi dan ditinggalkan umat Islam. Kesibukan dan aktivitas umat Islam yang padat menyebabkan mereka tidak sempat untuk beribadah di Mesjid sehingga kondisi Mesjid menjadi seperti kehilangan ruh nya. Untuk membangkitkan fungsi Mesjid sebagai tempat beribadah bagi umat Islam serta terjalinnya Ukhuwah Islamiah ini, kami selenggarakan program ’Tarhib Ramadhan’ melalui Lomba Photo khususnya yang memfokuskan untuk menyemarakan Mesjid menjadi tempat yang memberikan manfaat bagi umat Islam. Dengan itikad baik ini kami berharap dapat merangsang umat Islam untuk mulai meramaikan Mesjid dengan berbagai kegiatan bermanfaat tak sekedar sholat saja tetapi juga dengan kegiatan-kegiatan lainnya seperti Pengajian, Diskusi, Ceramah dan sebagainya”.

Lebih jauh, Imam mengutarakan harapannya ”Melalui program ’Tarhib Ramadhan’ yang disemarakkan dengan berbagai kegiatan diantaranya ’Silaturahim Ulama dan Lomba Photo ini, kami dapat terus menyebarkan dakwah dan syiar seputar Islam sehingga informasi seputar Islam yang berdasarkan ayat suci Al-quran serta hadist nabi Muhammad SAW dapat tersebar secara benar dan spirit bahwa Islam itu Indah dapat benar-benar terwujud”, tutup Imam Subchan.

Sebagai informasi untuk Lomba Photo dengan tema ’Saatnya Kembali ke Masjid’ terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya dengan jangka waktu lomba mulai dari 3 Juli sampai 3 Agustus 2013. Pengumuman Lomba Photo akan dilakukan pada tanggal 19 Agustus 2013 mendatang. Mengenai program ’Tarhib Ramadhan’ ini dapat diperoleh pada situs www.isyiar.net atau facebook dan twitter syiarnetwork.


Share this article :

Poskan Komentar