Jumat, 12 Juli 2013

Home » » 5 Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

5 Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Lebaran bersama Shasmira
Berpuasa sebagai sebuah cara untuk membersihkan tubuh merupakan latihan yang telah dipakai sejak zaman dulu

MafazaOnline|Puasa di Bulan Ramadhan adalah kewajiban setiap Umat Muslim. Dari berbagai penelitian kedokteran, berpuasa adalah sebuah cara yang manjur untuk membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh. Berpuasa sebagai sebuah cara untuk membersihkan tubuh merupakan latihan yang telah dipakai sejak zaman dulu.

Mengetahui apa yang tidak boleh kita makan selama puasa adalah hal yang penting. Tapi mengetahui makanan-makanan apa saja yang baik untuk dimakan untuk berbuka puasa juga merupakan hal yang sama pentingnya. Karena, kalau kita hanya makan asal kenyang, pada akhirnya kita tidak mendapat manfaat puasa untuk kesehatan kita. Dikutip dari ehow.com, berikut beberapa bahan makanan sehat yang sebaiknya ada dalam menu berbuka puasa kita:

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada, seledri, kubis dan chard adalah bahan makanan yang tepat untuk dimakan setelah berpuasa. Makanan-makanan ini sangat mudah dicerna dan memiliki kandungan alkalin yang tinggi-sangat ideal untuk memaksimalkan kesehatan kita. Lebih baik lagi seandainya kita memakannya mentah sebagai lalapan.

2. Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik, dan juga mudah dicerna. Biji bunga matahari, biji waloh alias labu, walnut (sumber omega-3), almond, kacang mete, kemiri, kacang tanah, kacang Brazil, dan kacang macadamia merupakan bahan makanan yang tepat dimakan setelah berpuasa. Selain itu, biji-bijian dan kacang-kacangan ini juga bisa menjadi cemilan yang sehat.

3. Buah-buahan

Buah-buahan seperti pir, apel, pisang, jeruk, delima, kiwi, melon dan anggur adalah buah-buahan yang baik dimakan setelah berpuasa. Buah-buahan ini sangat ringan di perut, mudah dicerna dan menawarkan tubuh berbagai nutrisi yang membantu transisi antara masa berpuasa dan berbuka menjadi terasa mudah.

4. Beras merah

Setelah berpuasa, sangat baik bila kita bisa makan nasi dari beras merah. Beras merah berbeda dengan beras putih karena bagian kulit pada beras merah masih utuh. Para ahli gizi dan ahli diet merekomendasikan nasi merah sebagai sumber nutrisi.

5. Oat

Oat juga ideal untuk dimakan untuk berbuka puasa. Memakan oat membawa banyak manfaat, dan khususnya setelah berpuasa. Makan satu sajian oat memberikan tubuh vitamin E, zinc, selenium, tembaga, besi, mangan, protein dan magnesium.

Nah, ternyata tidak terlalu sulit untuk menemukan bahan-bahan makanan yang sehat, enak dan mengenyangkan untuk berbuka puasa. (timlo)



IFTAR Infaq Taawun Ramadhan 1434 H
MafazaOnline Peduli Bagi Kaum Muslimin dan Muslimat yang ingin mengirimkan dana IFTAR Infaq Taawun Ramadhan untuk Berbuka, Sahur dan berbagi bersama saudara-saudara kita di sekitar Gunung Merapi-Merbabu yang rawan pemurtadan, mari bersinergi. Kirim bantuan melalui

Bank Muamalat Norek: 020 896 7284 Bank Syariah Mandiri norek 069 703 1963 BCA norek 412 1181 643 a/n Eman Mulyatman Setelah transfer kirim sms konfirmasi ke 0878 7648 7687 Dengan format: Nama.../Alamat.../Jumlah.../Bank.../Peruntukkan Ramadhan
Share this article :

Posting Komentar