Minggu, 23 Juni 2013

Home » » Menikmati Bulan Bulat Penuh

Menikmati Bulan Bulat Penuh

Supermoon (ilustrasi)
Maha Berkat Allah yang telah menjadikan di langit, tempat-tempat peredaran bintang, dan menjadikan padanya matahari serta bulan yang menerangi. QS al-Furqan [25] :61


Bulan akan tampak lebih besar dari biasanya atau disebut juga dengan Supermoon. Fenomena supermoon akan tampak pada Ahad (23/6/2013), bersyukurlah Anda yang tinggal di Jakarta karena bisa menyaksikan kecantikan bulan purnama sempurna itu.

Purnama sempurna sejak pukul 18/30 WIB dinikmati masyarakat dari penjuru Indonesia. Meskipun supermoon tahun ini tak sebesar tahun lalu.

Dibandingkan dengan Supermoon tahun lalu, jarak bulan kali ini sedikit lebih jauh, sehingga purnama sempurna itu tak sebesar tahun lalu.

Pada bulan Mei tahun 2012 lalu, manusia di bumi menikmati pemandangan antariksa yaitu mendekatnya bulan ke planet ini atau yang disebut dengan Perigee. Dengan jarak yang dekat ini, maka bulan akan tampak lebih besar dari biasanya atau disebut juga dengan nama Supermoon.

Pada Ahad ini, jarak bulan dan bumi hanya sekitar 221,824 mil atau 356.991 kilometer saja. Namun, apabila dibandingkan dengan tahun lalu, jarak bulan ini sedikit lebih jauh. Di tahun 2012 lalu, jarak bulan dengan bumi hanya sekitar 221.802 mil atau sekitar 356.955 kilometer.

Dengan jarak tersebut, ukuran Supermoon tahun ini tidak sebesar Supermoon tahun lalu.

Supermoon tahun ini dipercaya akan menjadi salah satu fenomena supermoon paling hebat sepanjang sejarah. Hal ini dikarenakan besarnya bulan yang akan terlihat nanti.

Supermoon merupakan fenomena yang membuat ukuran bulan lebih besar dari biasanya ketika dilihat dari bumi. Hal ini dikarenakan posisi matahari, bumi dan bulan yang sejajar sehingga daya tariknya membuat bulan lebih mendekat ke arah matahari dan bumi.

Share this article :

Poskan Komentar