Sabtu, 15 Juni 2013

Home » » Kapal Minyak Iran Berlayar ke Cina Lewat Batam

Kapal Minyak Iran Berlayar ke Cina Lewat Batam

Dua kapal tanker milik National Iran Tanker Company (NITC), Sonata dan Courage,  berlayar ke Cina via Batam pada awal pekan lalu

MafazaOnline | LONDON - Diam diam Kapal minyak Iran sering berlabuh di Indonesia. Menurut sumber Reuters, dua kapal tanker milik National Iran Tanker Company (NITC), Sonata dan Courage,  berlayar ke Cina via Batam pada awal pekan lalu. Sementara, NITC tidak bisa dihubungi dan seorang pejabat minyak Iran pun menolak berkomentar.

Sumber Reuters dari industri pelayaran mengatakan, ada indikasi kapal lainnya juga terlibat dalam gerakan sekitar Batam. Tiga kapal tanker, menurut sumber tersebut, yakni Glaros, Seagull, dan Ocean Nymph, laporan terakhir mencatat posisi mereka berada di sekitar Laut Cina Selatan. Dekat dengan wilayah Indonesia.

Kapal-kapal tersebut merupakan bagian dari delapan armada kapal tanker delapan yang dibeli oleh seorang pria Yunani. "Kapal ini beroperasi atas nama Iran," ujar sumber itu.

Iran telah mengurangi ekspor minyak sekitar 1,1 juta barel per hari atau senilai US$ 3.3 juta per bulan atau sekitar setengah dari tingkat produksi mereka pada awal 2012. Pada bulan April lalu, sumber Reuters menyatakan pembeli terbesar minyak mentah Iran adalah Cina, lalu Korea Selatan, Jepang, India, Turki dan Taiwan.

Saat ini, kapal NITC termasuk Maharlika, Skyline, dan Demo telah membuat perjalanan ke Cina via Asia lebih cepat. Kecepatan rata-rata armada global berada pada kisaran antara 8 sampai 11 knot saat ini. Akan tetapi, akhir-akhir ini beberapa kapal tanker Iran tersebut telah membuat perjalanan mereka pada kecepatan 16 knot mark.

Share this article :

Poskan Komentar